Siapa Menhan China Li Shuangfu? Terjerat Korupsi Proyek Senjata Nuklir

Sabtu, 16 September 2023 - 16:50 WIB
loading...
Siapa Menhan China Li Shuangfu? Terjerat Korupsi Proyek Senjata Nuklir
Menteri Pertahanan China Li Shuangfu terjerat skandal korupsi senjata nuklir. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Menteri Pertahanan (Menhan) China Li Shangfu tidak terlihat di depan umum selama lebih dari tiga minggu.

Surat kabar Financial Times Inggris melaporkan bahwa Amerika Serikat yakin Li yang berusia 65 tahun telah dicopot dari tugasnya dan sedang diselidiki oleh pihak berwenang China. Dia terlibat skandal korupsi tender pengadaan persenjataan.

Kantor berita Reuters, sementara itu, melaporkan Li telah menarik diri dari pertemuan dengan para pejabat pertahanan Vietnam seminggu yang lalu.

Spekulasi tentang keberadaan Li menyusul hilangnya Menteri Luar Negeri China Qin Gang secara tiba-tiba dari pandangan publik pada bulan Juli. Belakangan diumumkan bahwa dia telah dicopot dari jabatannya.

Siapakah Li Shangfu?

1. Putra Prajurit

Siapa Menhan China Li Shuangfu? Terjerat Korupsi Proyek Senjata Nuklir

Foto/Reuters

Melansir Reuters, Li Shangfu lahir pada bulan Februari 1958, putra seorang komandan tinggi Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang selamat dari Long March dan kemudian bertempur dalam Perang Korea.

Menurut media China, ia lulus dari Universitas Nasional Teknologi Pertahanan (NUDT) PLA pada tahun 1982 dan kemudian dianugerahi gelar master di bidang teknik. Dia ditempatkan selama lebih dari 30 tahun di Pusat Peluncuran Satelit Xichang milik militer.


2. Ahli di Bidang Militer Antariksa

Siapa Menhan China Li Shuangfu? Terjerat Korupsi Proyek Senjata Nuklir

Foto/Reuters

Pada tahun 2016, Li ditunjuk sebagai wakil komandan Pasukan Pendukung Strategis militer yang baru – sebuah badan elit yang bertugas mempercepat pengembangan kemampuan perang ruang angkasa dan dunia maya. Tahun berikutnya, ia diangkat menjadi kepala unit pengadaan militer.

Meskipun ia adalah seorang jenderal, jabatannya sendiri terutama melibatkan diplomasi pertahanan, dan kehadiran Li pada Dialog tahunan Shangri-La di Singapura pada bulan Juni diawasi dengan ketat.

Li adalah salah satu dari lima Anggota Dewan Negara, posisi kabinet China yang memiliki senioritas lebih tinggi daripada menteri biasa.

3. Mendapatkan Sanksi dari AS

Washington menjatuhkan sanksi terhadap Li pada tahun 2018 karena membeli senjata dari eksportir senjata terbesar Rusia, Rosoboronexport.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)