Negara Islam Ini Diprediksi Miliki 200 Senjata Nuklir pada 2025

Sabtu, 16 September 2023 - 14:25 WIB
loading...
A A A
Mengomentari rudal balistik jarak menengah yang disebut Ababeel pada tahun 2017—yang menurut Pakistan mampu membawa banyak hulu ledak nuklir menggunakan teknologi Multiple Independent Reentry Vehicle (MIRV)—Nuclear Notebook menyimpulkan; “Pengembangan kemampuan beberapa hulu ledak tampaknya dimaksudkan sebagai tindakan balasan terhadap sistem pertahanan rudal balistik yang direncanakan India. Statusnya masih belum jelas hingga Juli 2023."

Dokumen tersebut menyatakan bahwa jumlah total dan lokasi pangkalan dan fasilitas rudal berkemampuan nuklir di Pakistan masih belum diketahui.

“Analisis citra satelit komersial menunjukkan bahwa Pakistan memiliki setidaknya lima pangkalan rudal yang dapat berperan dalam kekuatan nuklir Pakistan," imbuh kolom Nuclear Notebook.

"Kemudian dilanjutkan dengan membuat daftar pangkalan dengan koordinat dan rincian lainnya, termasuk citra satelit: Garnisun Akro, Garnisun Gujranwala, Garnisun Khuzdar, Garnisun Pano Aqil dan Garnisun Sargodha."

Menyatakan bagaimana keluarga rudal jelajah yang diluncurkan di darat dan laut Pakistan mengalami pengembangan signifikan dengan pengerjaan beberapa jenis dan modifikasi, Nuclear Notebook mencantumkan rincian Babur (Hatf-7) dengan Babur 1 dan Babur 1A, Babur 2 atau Babur 1B GLCM, Babur 3 dan varian dalam pengembangan yang dikenal sebagai Harbah.

Mengakui bahwa hanya sedikit yang diketahui publik mengenai produksi hulu ledak nuklir, para ilmuwan tersebut mengatakan: “Tetapi para ahli telah menduga selama bertahun-tahun bahwa Pabrik Persenjataan Pakistan di dekat Wah, barat laut Islamabad, mempunyai peran dalam hal ini. Salah satu pabrik Wah terletak di dekat fasilitas unik dengan enam bunker yang tertutup tanah (iglo) di dalam perimeter keamanan berlapis dengan penjaga bersenjata.”
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2572 seconds (0.1#10.140)