Iran Coba Tembakkan Rudal Jelajah dari Kapal Selam

Kamis, 04 Mei 2017 - 05:20 WIB
Iran Coba Tembakkan Rudal Jelajah dari Kapal Selam
Iran Coba Tembakkan Rudal Jelajah dari Kapal Selam
A A A
WASHINGTON - Iran telah mencoba menguji tembak rudal jelajah dari sebuah kapal selam di Selat Hormuz. Namun, menurut pejabat pertahanan Amerika Serikat (AS) uji coba itu mengalami kegagalan.

Kapal selam Iran yang digunakan untuk menembakkan rudal jelajah adalah kapal Yono-class yang beroperasi di Selat Hormuz.

Uji coba rudal jelajah dari bawah laut itu berlangsung hari Selasa. Namun, pejabat pertahanan AS yang berbicara dalam kondisi anonim mengaku tidak tahu apakah itu merupakan uji coba yang pertama atau bukan.

Pada bulan Februari lalu, Iran mengklaim berhasil melakukan uji coba serupa. Kemudian, pada bulan lalu para pasukan khusus Angkatan Laut Iran dilengkapi dengan rudal jelajah anti-kapal baru dalam sebuah upacara resmi yang dihadiri oleh petinggi militer negara tersebut.

Menurut laporan The Washington Times, yang dikutip Kamis (4/5/2017), Iran telah membeli senjata canggih dari Rusia termasuk sistem pertahanan udara, bantuan nuklir serta pesawat jet tempur dan tank.

Laporan uji coba rudal jelajah terbaru Iran ini muncul setelah bulan April lalu kapal Garda Revolusi Iran bersitegang dengan kapal AS, USS Mahan di kawasan Selat Hormuz. Kapal AS bahkan melepaskan suara peringatan ketika kapal Iran mulai mendekat pada jarak sekitar 1.000 meter.

Pada akhir April lalu, pejabat Iran mengumumkan bahwa anggaran pertahanan negara tersebut telah meningkat sebesar 145 persen di bawah pemerintahan Presiden Hassan Rouhani. Selain itu, kekuatan militernya juga mengalami kemajuan melalui upaya restrukturisasi besar-besaran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2885 seconds (0.1#10.140)