Meski Tertutup Korut Ternyata Punya Sekutu, Ini Daftarnya

Kamis, 14 September 2023 - 16:07 WIB
loading...
Meski Tertutup Korut Ternyata Punya Sekutu, Ini Daftarnya
Meski dikenal sebagai negara tertutup, Korea Utara (Korut) ternyata memiliki sejumlah sekutu. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Korea Utara atau kerap disingkat menjadi Korut dalam beberapa dekade telah menjadi negara paling tertutup di dunia. Negara di Semenanjung Korea itu adalah salah satu dari sedikit didunia yang masih berada di bawah pemerintahan rezim komunis.

Program nuklir yang menjadi ambisi negara itu semakin membuat negara ini terkucilkan dari dunia internasional. Meski begitu, tercatat sejumlah negara dianggap sebagai sekutu dari negara di Asia Timur.

Negara-negara yang Menjadi Sekutu Korea Utara


Hubungan Korut dengan sekutunya yang paling berpengaruh sangatlah rumit.

Secara historis, China dan negara bekas Uni Soviet, Rusia, mendukung negara itu selama Perang Korea dan setelah itu menjaga hubungan ekonomi yang erat. Meski begitu, ada sejumlah negara yang menjadi sekutu bagi Korut

Berikut adalah negara-negara yang menjadi sekutu Korut

1. CHINA


Hubungan Korut dan China dimulai pada tahun 1991 ketika negara-negara komunis menandatangani perjanjian persahabatan, kerja sama, dan bantuan timbal balik.

China berbatasan darat dengan Korut dan merupakan mitra dagang utama negara itu. China berkontribusi sekitar 90 persen dalam perdagangan Korut.

Meski begitu, hubungan ini sempat merenggang ketika China mencoba untuk mengendalikan program senjata nuklir Kim Jong-un yang sedang berkembang.

China bahkan sempat mendukung sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Korut berupa larangan mengekspor tekstil dan mengimpor minyak mentah. Ini membuat negara tersebut kekurangan uang dan sumber daya.

Sanksi yang dirancang Amerika Serikat (AS) itu merupakan reaksi terhadap uji coba bom nuklir yang dilakukan Korut pada medio 2017 lalu.

Namun, hubungan keduanya kini mulai mencair. Terbukti pada 2019 lalu, Presiden dan Sekretaris Jenderal Partai Komunis China Xi Jinping mengunjungi Korut. Ini adalah kunjungan pertama yang dilakukan pemimpin tertinggi China dalam 14 tahun.

Hal ini dianggap oleh para pengamat sebagai peningkatan hubungan kedua negara. Sebelum kunjungannya, Xi Jinping menegaskan kembali bahwa China akan mendukung Korut tidak peduli bagaimana situasi internasional berubah.

2. RUSIA


Rusia dan Korut berbagi perbatasan yang berfungsi jalur pasokan, seperti bahan bakar. Rusia telah merevitalisasi kereta api dan jalur transportasi lain di Korut, juga mendatangkan kapal tanker minya Rusia ke Korut dari kota pelabuhan Vladivostok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)