Meski Tertutup Korut Ternyata Punya Sekutu, Ini Daftarnya

Kamis, 14 September 2023 - 16:07 WIB
loading...
A A A
Pabrik senjata telah didirikan di Madagaskar, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia dan Uganda, misalnya. Pelatihan polisi yang diberikan oleh Korut juga populer di Benin, Mozambik, Zimbabwe dan Nigeria. Mesir dan Libya juga membeli jalur produksi rudal balistik Korea Utara.

4. PAKISTAN


Korut dan Pakistan telah menjalin hubungan diplomatik, keamanan dan ekonomi sejak pertengahan tahun 1970an. Dan pada tahun 1990an, ketika Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto membeli rudal jarak jauh dari Korut, hubungan mereka semakin erat.

Sebagai imbalannya, Pakistan dituduh memasok teknologi nuklir kepada Korut.

Namun ketika ketidakstabilan Korut memburuk, hal ini juga berdampak pada reputasi Pakistan. Namun, Pakistan tetap menjaga hubungan militernya tetap utuh karena dua alasan.

Pertama, untuk menunjukkan kesetiaan mereka kepada China. Dan kedua, untuk mencegah penyelidikan internasional terhadap fisikawan nuklir Pakistan, AQ Khan. Pakistan memberikan kebebasan kepada Khan setelah ia dituduh mencuri teknologi nuklir dari Eropa, dan membawa senjata atom ke Pakistan.

5. BULGARIA


Satu-satunya sekutu Korut di Eropa adalah Bulgaria, yang menjadi sekutunya pada tahun 1948 pada masa awal komunis Bulgaria.

Kedua negara juga menandatangani perjanjian kerja sama bilateral pada tahun 1970. Namun pada bulan Maret 2017, ibu kota Bulgaria, Sofia, menyatakan akan mengambil “semua tindakan yang diperlukan” untuk menegakkan sanksi PBB terhadap Korut.

Mereka memberlakukan pembatasan batu bara dan bijih besi yang berasal dari Korut, dan bahkan mengurangi jumlah staf di kedutaan Korut di Bulgaria.

“Republik Bulgaria sangat mementingkan menjaga perdamaian dan stabilitas di Asia Timur Laut, secara ketat mematuhi posisi komunitas internasional untuk denuklirisasi dan membangun perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea,” demikian bunyi pernyataan Sofia kepada PBB.

6. KUBA


Kuba telah menjadi salah satu sekutu Korut yang paling konsisten. Hubungan keduanya dibangun atas penolakan mereka terhadap Amerika Serikat (AS). Kuba dan Korut memandang satu sama lain berada di garis depan melawan imperialisme AS dan percaya bahwa pertahanan diri militer, bukan bergantung total pada Moskow, adalah cara terbaik untuk menjami stabilitas politik selama Perang Dingin.

Kuba merupakan sekutu yang sangat penting dan elit bagi Korut, yang tidak memiliki banyak sekutu karena berstatus negara terasingkan dalam hubungan internasional.

Meskipun Korut tidak bisa mendapatkan banyak keuntungan secara materi dari pulau komunis di Laut Karibia itu, mereka dapat memperoleh keuntungan secara diplomatis dan simbolis (secara moral). Sekutu mana pun dari “kerajaan pertapa” adalah hal yang diinginkan dan dapat menunjukkan bahwa monarki komunis tidak sendirian. Di seluruh Dunia Ketiga, Korut masih memiliki sekutu seperti Zimbabwe, Benin, Madagaskar.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)