Apa Itu Badai Daniel, Pemicu Banjir Libya Perenggut 6.000 Orang Seketika

Kamis, 14 September 2023 - 04:47 WIB
loading...
Apa Itu Badai Daniel, Pemicu Banjir Libya Perenggut 6.000 Orang Seketika
Kota Derna di Libya timur hancur parah akibat banjir bandang yang dipicu oleh Badai Daniel. Foto/REUTERS
A A A
DERNA - Banjir bandang mengerikan yang menerjang wilayah timur laut Libya sejak Minggu (10/9/2023) malam telah merenggut nyawa 6.000 orang seketika. Bencana ini dipicu oleh Badai Daniel.

Angka korban terbaru ini disampaikan Wakil Sekretaris Kementerian Kesehatan Pemerintah Persatuan Libya Saadeddin Abdul Wakil kepada Anadolu Agency, Rabu (13/9/2023).

Dia mengatakan angka kematian yang mengejutkan ini masih bersifat sementara. Jumlah orang yang hilang hampir 10.000 orang.

Data dari Palang Merah Internasional juga menyebutkan lebih dari 6.000 orang meninggal.



Apa Itu Badai Daniel dan Mengapa Begitu Mematikan?


Badai Daniel, juga dikenal sebagai Topan Daniel, adalah topan mirip tropis Mediterania yang paling mematikan dan paling merugikan yang pernah tercatat sepanjang tahun 2023 ini.

Terbentuk sebagai sistem udara bertekanan rendah sekitar 4 September 2023, Badai Daniel melanda Yunani, Bulgaria dan Turki dengan memicu banjir besar.

Badai tersebut kemudian diorganisasikan sebagai "Mediterranean Low" dan ditetapkan sebagai Badai Daniel, yang segera memperoleh karakteristik kuasi-tropis (TLC) dan bergerak menuju pantai Libya, yang menyebabkan bencana banjir sebelum merosot ke dataran rendah yang tersisa.

Badai tersebut merupakan akibat dari blok Omega, karena zona bertekanan tinggi terjepit di antara dua zona bertekanan rendah.

Karena sifat badai yang berumur pendek dan tiba-tiba, antisipasi terhadap badai ini sangat minim. Di Yunani, badai tersebut dianggap sebagai badai terburuk dalam sejarah, dengan curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir yang menyebabkan kerugian lebih dari 2 miliar euro.

Libya terkena dampak paling parah, dengan hujan deras yang menyebabkan dua bendungan di dekat kota Derna jebol. Hal ini mengakibatkan ribuan kematian, dengan antara 10.000 dan 100.000 orang hilang, meskipun angkanya masih sementara.

Kerentanan Libya terhadap bencana-bencana tersebut disebabkan oleh perang saudara, yang merusak infrastruktur penting dan membuatnya berada dalam kondisi yang memprihatinkan sebelum Badai Daniel. Buntutnya, beberapa negara di sepanjang Laut Mediterania berjanji memberikan bantuan kepada negara-negara yang terkena dampak.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)