Seperempat Kota Libya Hilang Disapu Banjir, 1.000 Jenazah Ditemukan

Selasa, 12 September 2023 - 19:49 WIB
loading...
A A A
Libya secara politik terbagi antara timur dan barat dan layanan publik telah hancur sejak pemberontakan yang didukung NATO pada tahun 2011 yang memicu konflik bertahun-tahun.

Setelah menghantam Yunani pekan lalu, Badai Daniel menyapu Mediterania pada hari Minggu, membanjiri jalan-jalan dan menghancurkan bangunan-bangunan di Derna, dan menghantam permukiman lain di sepanjang pantai, termasuk kota terbesar kedua di Libya, Benghazi.



Pemerintah Libya yang diakui secara internasional di Tripoli tidak menguasai wilayah timur tetapi telah mengirimkan bantuan ke Derna, dan setidaknya satu penerbangan bantuan berangkat dari kota Misrata di bagian barat pada hari Selasa, kata seorang jurnalis Reuters di pesawat tersebut.

"Pesawat pasokan medis darurat membawa 14 ton perbekalan, obat-obatan, peralatan, kantong jenazah dan 87 personel medis dan paramedis, menuju ke Benghazi," kata kepala Pemerintah Persatuan Nasional Libya Abdulhamid al-Dbeibah pada X, dulu Twitter.

“Berita mengenai banjir besar di Libya sungguh mengagetkan. Diperkirakan akan banyak yang tewas dan terluka, terutama di wilayah timur,” Kanselir Jerman Olaf Scholz memposting di X, mengatakan bahwa negaranya siap membantu.

Mesir, Qatar, Iran dan Italia termasuk di antara negara-negara yang menyatakan siap mengirimkan bantuan. Amerika Serikat juga mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan mitra-mitra PBB dan pihak berwenang Libya mengenai cara memberikan upaya bantuan.

Mantan penjabat utusan PBB untuk Libya, Stephanie Williams, mendesak bantuan luar negeri secepatnya, dengan mengatakan bahwa bencana tersebut memerlukan peningkatan segera dalam bantuan internasional dan regional dalam sebuah postingan di X.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)