6 Kontroversi Visi 2030 Pangeran Mohammed bin Salman, Paling Utama Masih Bergantung pada Minyak dan Tenaga Kerja Asing

Minggu, 10 September 2023 - 21:30 WIB
loading...
6 Kontroversi Visi 2030 Pangeran Mohammed bin Salman, Paling Utama Masih Bergantung pada Minyak dan Tenaga Kerja Asing
Visi 2030 yang dikembangkan Pangeran Mohammed bin Salman memiliki banyak kontroversi. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Arab Saudi berada di tengah-tengah kebangkitan sekali seumur hidup yang dapat menjadikan atau menghancurkan kerajaan paling kuat di Teluk.

Setelah hampir satu abad bergantung pada kekayaan minyaknya, negara ini berupaya keras mewujudkan rencana besar yang bertujuan untuk mengubah seluruh perekonomiannya dan membuka jalan menuju masa depan bagi generasi muda yang haus akan peluang.

Rencana tersebut, yang dikenal sebagai Visi 2030, dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed Bin Salman yang berusia 38 tahun dan sangat ambisius, pemimpin de facto yang berusaha memperkuat warisannya dan posisi kerajaan di panggung global – semuanya pada akhir tahun 2030. dekade ini.

Namun reformasi radikal bukannya tanpa kontroversi.

Kerajaan ini semakin diawasi sejak Putra Mahkota berkuasa pada tahun 2017. Arab Saudi memicu kemarahan internasional pada tahun 2018 setelah kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul, dan terus menghadapi tuduhan pelanggaran hak asasi manusia.

Meskipun demikian, tidak ada yang mampu menghentikan Arab Saudi untuk memberikan pengaruh yang lebih besar di panggung global.

Negara ini membuka anggarannya untuk menyalurkan miliaran dolar untuk segala hal mulai dari olahraga hingga media dan hiburan sebagai bagian dari belanja internasional yang bertujuan membantu melakukan diversifikasi di luar minyak.

Semua ini menjadikan Arab Saudi sebuah negara yang lebih relevan dari sebelumnya.

Berikut adalah 6 kontroversi Visi 2030 yang diusung oleh Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

1. Perekonomian dalam Mode Booming

6 Kontroversi Visi 2030 Pangeran Mohammed bin Salman, Paling Utama Masih Bergantung pada Minyak dan Tenaga Kerja Asing

Foto/Reuters

Melansir Insider, seperti banyak negara lainnya, perekonomian Arab Saudi terpuruk ketika pandemi ini melanda pada tahun 2020, namun satu-satunya jalan keluarnya adalah dengan bangkit sejak saat itu.

PDB negara ini melonjak melampaui USD1 triliun pada tahun lalu untuk pertama kalinya, sementara output per kapita mencapai USD30.436, naik sekitar 50% hanya dalam dua tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0930 seconds (0.1#10.140)