AS Kirim Amunisi Depleted Uranium ke Ukraina, Ini Kata Pentagon

Kamis, 07 September 2023 - 10:52 WIB
loading...
AS Kirim Amunisi Depleted Uranium ke Ukraina, Ini Kata Pentagon
AS mengirimkan amunisi depleted uranium dalam paket bantua militer terbaru ke Ukraina. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) yakin militer Ukraina akan menggunakan amunisi depleted uranium (DU) secara bertanggung jawab. Hal itu diungkapkan Wakil Sekretaris Pers Pentagon Sabrina Singh.

“Saya tidak akan mendahului pengumuman apapun yang belum dibuat oleh Pentagon hari ini, tapi apa yang akan saya katakan adalah peluru-peluru ini adalah penggunaan standar pada tank-tank yang tidak hanya digunakan oleh AS, tapi kami akan menyediakannya untuk Ukraina,” kata Singh kepada CNN yang dikutip dari RT, Kamis (7/9/2023).

“Dan jika dana tersebut dimasukkan dalam paket yang akan diajukan hari ini atau dalam beberapa minggu mendatang, kami memiliki keyakinan mutlak bahwa Ukraina akan menggunakannya secara bertanggung jawab,” tambahnya.



Kemungkinan pengiriman amunisi DU diberitakan oleh Wall Street Journal pada bulan Juni dan dibocorkan ke Reuters minggu lalu. Hal ini diumumkan secara resmi pada Rabu sore, sebagai bagian dari paket bantuan militer baru senilai USD175 juta ke Kiev.

Batang yang terbuat dari depleted uranium digunakan sebagai penetrator kinetik dalam peluru SABOT anti-tank yang ditembakkan oleh tank M1 Abrams. AS menjanjikan Ukraina 31 tank awal tahun ini, dan diperkirakan akan mengirimkan batch pertama pada bulan ini.

Inggris telah mengirimkan peluru DU ke Ukraina awal tahun ini, yang dimaksudkan untuk digunakan dengan tank Challenger 2 miliknya. Baik London maupun Washington telah menolak semua kekhawatiran dan keberatan mengenai dampak debu logam beracun terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, dengan menyatakan bahwa DU tidak bersifat radioaktif.

Kritik terhadap amunisi DU menunjukkan peningkatan drastis angka kanker dan cacat lahir di negara-negara seperti Irak dan Serbia, di mana amunisi tersebut digunakan. Mereka berpendapat bahwa uranium yang sudah habis akan terpecah menjadi debu yang sangat beracun jika terhirup atau dipegang.



PBB mengecam penggunaan peluru DU, seperti halnya mereka mengecam pengiriman dan penggunaan munisi tandan pada bulan Juli, yang tidak berdampak pada Washington.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)