Heboh, India Ganti Nama Jadi Bharat

Rabu, 06 September 2023 - 00:34 WIB
loading...
Heboh, India Ganti Nama Jadi Bharat
Heboh, India ganti nama jadi Bharat dalam undangan KTT G20. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW DELHI - India dihebohkan dengan spekulasi mengenai rumor rencana untuk mengganti nama Inggris negara tersebut. Itu terjadi setelah undangan negara ke KTT G20 menyebut India sebagai Bharat.

Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi telah berupaya menghilangkan simbol-simbol pemerintahan Inggris yang tersisa dari lanskap perkotaan, institusi politik, dan buku sejarah India. Namun, merubah nama India menjadi Bharat, akan menjadi langkah terbesar yang pernah dilakukan.

India akan menjadi tuan rumah KTT G20 akhir pekan ini, dan para pemimpin dunia telah menerima undangan jamuan makan malam kenegaraan yang diselenggarakan oleh “presiden Bharat”.

Heboh, India Ganti Nama Jadi Bharat

Foto: Al Jazeera

Modi sendiri biasanya menyebut India sebagai Bharat, sebuah kata yang berasal dari kitab suci Hindu kuno yang ditulis dalam bahasa Sanskerta, dan merupakan salah satu dari dua nama resmi negara tersebut berdasarkan konstitusinya.

Anggota partai nasionalis Hindu yang berkuasa, partai Bharatiya Janata (BJP), sebelumnya berkampanye menentang penggunaan nama India, yang berakar pada zaman barat dan diterapkan pada masa penaklukan Inggris.



Pemerintah telah mengadakan sidang khusus parlemen pada akhir bulan ini, namun tetap bungkam mengenai agenda legislatifnya, namun stasiun televisi News18 mengatakan sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya telah mengatakan bahwa anggota parlemen BJP akan mengajukan resolusi khusus untuk mendahulukan nama Bharat.

Rumor mengenai rencana tersebut mendapat penolakan dan dukungan yang antusias.

“Saya berharap pemerintah tidak sebodoh itu dengan sepenuhnya mengabaikan ‘India’,” kata Shashi Tharoor, dari partai oposisi Kongres, mengatakan di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (6/9/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)