Demi Sukseskan KTT G20, India Hancurkan Ribuan Rumah di Kawasan Kumuh

Selasa, 05 September 2023 - 16:34 WIB
loading...
Demi Sukseskan KTT G20, India Hancurkan Ribuan Rumah di Kawasan Kumuh
India menghancurkan ribuan rumah demi pelaksaan KTT G20. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Ketika penduduk daerah kumuh di kawasan Kamp Janta di New Delhi mendengar bahwa KTT G20 akan diadakan di ibu kota India, yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah mereka, mereka berharap hal ini juga akan memberikan manfaat bagi mereka.

Sebaliknya, mereka terpaksa kehilangan tempat tinggal.

Dharmender Kumar, Khushboo Devi, dan ketiga anak mereka termasuk di antara sejumlah orang di ibu kota negara India yang rumahnya dibongkar selama beberapa bulan terakhir – tindakan yang menurut warga dan aktivis merupakan bagian dari upaya mempercantik KTT yang diadakan pada 9-10 September 2023.

Namun para pejabat dari pemerintah federal pimpinan Perdana Menteri Narendra Modi, yang melakukan pembongkaran, mengatakan bahwa rumah-rumah tersebut dibangun secara ilegal di atas tanah pemerintah dan pemindahannya “merupakan kegiatan yang berkelanjutan”.



Rumah-rumah di kawasan kumuh seperti di Kamp Janta dibangun bertahun-tahun seperti tambal sulam. Sebagian besar penduduknya bekerja di daerah sekitar dan telah tinggal di rumah kecil mereka selama beberapa dekade.

Penghancuran dimulai empat bulan lalu. Buldoser mengunjungi Kamp Janta pada suatu pagi yang panas di bulan Mei dan rekaman video pembongkaran menunjukkan rumah-rumah sementara yang terbuat dari lembaran timah diratakan dengan tanah sementara orang-orang yang tadinya menyebut mereka pulang berdiri menyaksikan, beberapa dari mereka menangis.

Kamp tersebut, yang terletak di dekat Pragati Maidan – tempat utama pertemuan puncak – merupakan simbol dari sebagian besar lanskap Delhi.

Banyak dari 20 juta penduduk kota ini tinggal di kawasan yang sebagian besar tidak terencana dan telah menjamur selama bertahun-tahun.

Demi Sukseskan KTT G20, India Hancurkan Ribuan Rumah di Kawasan Kumuh

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)