alexa snippet

Dominasi Laut China Selatan, China Bangun Kapal Serbu Amfibi Terbesar

Dominasi Laut China Selatan, China Bangun Kapal Serbu Amfibi Terbesar
Kawasan Laut China Selatan yang jadi sengketa. China bangun kapal serbu amfibi terbesar untuk mendominasi Laut China Selatan dan Timur. Foto / REUTERS
A+ A-
BEIJING - China mulai membangun kapal serbu amfibi terbesar untuk mendukung kekuatan angkatan lautnya guna mendominasi wilayah Laut China Selatan dan Laut China Timur. Kapal ini nantinya juga akan berfungsi seperti kapal induk yang akan membawa 30 helikopter.

Kapal 075 yang sedang dibangun akan jauh lebih besar dari kapal-kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China sebelumnya. Ambisi militer China ini dilaporkan surat kabar South China Morning Post mengutip sumber militer Beijing.

Kapal seberat 40.000 ton ini sedang dalam tahap konstruksi oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Shanghai. Kapal serbu amfibi ini akan memberi kemampuan angkatan laut PLA untuk meluncurkan berbagai jenis helikopter guna menyerang kapal perang, kapal selam dan pasukan darat musuh di perairan internasional yang disengketakan.

Kapal Type 075 ini dianggap setara dengan kapal amfibi Wasp-class Amerika Serikat. Kelebihan lainnya, kapal akan dilengkapi fasilitas untuk rumah operasi komando dan kontrol.

Komandan Angkatan Laut China, Shen Jinlong, dilaporkan telah mengunjungi perusahaan pembuat kapal pada tanggal 26 Maret lalu untuk mengawasi pembangunan kapal 075.

”Pembangunan kapal Type 075 akan memakan waktu dua tahun lagi. Kapal pertama mungkin akan diluncurkan pada awal 2019 dan dimasukkan ke dalam layanan (militer) secara penuh pada tahun 2020,” kata sumber militer China, yang dilansir Kamis (30/3/2017).
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top