Sehari Disandera di Penjara, 57 Sipir dan Polisi Ekuador Dibebaskan

Sabtu, 02 September 2023 - 08:24 WIB
loading...
A A A
Ponton berpendapat bahwa serangan tersebut dimaksudkan untuk menimbulkan ketakutan di kalangan masyarakat dan mempengaruhi politik. Ekuador akan memilih presiden pada pemilu putaran kedua pada 15 Oktober.

“Masalahnya adalah kita melihat peningkatan masalah ini, dan mengingat tingkat ketidakmampuan negara, kita bisa memperkirakan adanya serangan terhadap penduduk,” ujar Ponton.

“Ini adalah skenario yang dapat diprediksi dan akan sangat buruk,” imbuhnya.

Rangkaian ledakan dimulai pada Rabu malam, ketika sebuah bom mobil meledak di Quito, ibu kota Ekuador, di kawasan yang sebelumnya merupakan kantor sistem pemasyarakatan negara tersebut. Dua bom mobil lainnya kemudian meledak di provinsi El Oro, yang terletak di barat daya negara tersebut.

Kendaraan lain di Quito meledak pada hari Kamis, kali ini di luar kantor sistem pemasyarakatan. Sebuah alat peledak juga meledak di Cuenca, yang terletak di pegunungan Andes di Ekuador selatan.

Seorang hakim memerintahkan enam orang yang dicurigai terlibat dalam ledakan di ibu kota ditahan sementara penyelidikan berlanjut.



Komandan polisi Fausto Martinez mengatakan empat tersangka ditangkap sehubungan dengan ledakan di Napo. Dia mengatakan tiga orang dewasa dan seorang anak di bawah umur ditangkap saat mereka sedang bepergian dengan taksi dan pihak berwenang menemukan blok dinamit yang sudah disinkronkan ke alat peledak dengan sekring yang lambat. Temuan ini mendorong agen untuk melakukan dua ledakan terkendali.

Pihak berwenang Ekuador mengaitkan lonjakan kekerasan selama tiga tahun terakhir dengan kekosongan kekuasaan yang dipicu oleh pembunuhan Jorge Zambrano, alias “Rasquina” atau “JL," pemimpin geng lokal Los Choneros pada tahun 2020.

Los Choneros dan kelompok serupa yang terkait dengan kartel Meksiko dan Kolombia saling berebut rute penyelundupan narkoba dan penguasaan wilayah, termasuk di dalam fasilitas penahanan, di mana setidaknya 400 narapidana telah meninggal sejak tahun 2021, menurut pihak berwenang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)