Sehari Disandera di Penjara, 57 Sipir dan Polisi Ekuador Dibebaskan

Sabtu, 02 September 2023 - 08:24 WIB
loading...
Sehari Disandera di Penjara, 57 Sipir dan Polisi Ekuador Dibebaskan
57 sipir dan polisi Ekuador dibebaskan setelah disandera di penjara. Foto/AP
A A A
QUITO - Pihak berwenang Ekuador mengumumkan pembebasan 50 penjaga dan tujuh petugas polisi yang disandera selama lebih dari sehari. Pemerintah menggambarkan aksi penyanderaan itu sebagai respons kelompok kriminal terhadap upaya untuk mendapatkan kembali kendali atas beberapa lembaga pemasyarakatan besar di negara Amerika Selatan tersebut.

Sistem pemasyarakatan negara tersebut, Layanan Nasional untuk Perhatian terhadap Orang yang Dirampas Kebebasannya, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 57 petugas penegak hukum – yang ditahan di enam penjara berbeda – dalam keadaan aman, namun tidak memberikan rincian tentang bagaimana mereka dibebaskan.

Consuelo Orellana, gubernur provinsi Azuay, melaporkan pada Jumat pagi waktu setempat bahwa 44 sandera di sebuah penjara di kota Cuenca telah dibebaskan. Sistem pemasyarakatan negara itu kemudian menyatakan bahwa 57 orang tersebut telah dibebaskan.

Analis keamanan Daniel Ponton mengatakan rangkaian peristiwa tersebut, yang terjadi tiga minggu setelah pembunuhan calon presiden Fernando Villavicencio adalah serangan sistematis dan terencana dengan jelas yang menunjukkan bahwa negara tidak efektif dalam mencegah kekerasan.

“Apa yang dilakukan intelijen negara dalam situasi seperti ini? Belum berbuat apa-apa, padahal perintah (peledakaan) pasti datang dari Lapas lewat telepon seluler,” ujarnya seperti dikutip dari AP, Sabtu (2/9/2023).

Ponton merujuk pada ledakan yang merusak jembatan, yang terbaru dari serangkaian serangan minggu ini. Tidak ada yang terluka dalam ledakan tersebut.

Pejabat pemerintah menggambarkan tindakan kekerasan tersebut sebagai hasil kerja geng kriminal yang anggotanya berada di penjara sebagai respons terhadap upaya pihak berwenang untuk mengambil kembali kendali beberapa lembaga pemasyarakatan dengan merelokasi narapidana, menyita senjata, dan langkah-langkah lainnya.



"Empat bom mobil dan tiga alat peledak meledak di seluruh negeri dalam waktu kurang dari 48 jam. Ledakan terakhir yang menggunakan dinamit terjadi Jumat pagi di sebuah jembatan yang menghubungkan dua kota di provinsi pesisir El Oro," kata komandan Polisi Nasional Luis Garcia kepada The Associated Press.

Beberapa jam sebelumnya, sebuah tangki bensin domestik dengan dinamit meledak di bawah jembatan lain di provinsi Napo, Napo, yang terletak di bagian hutan hujan Amazon di Ekuador.

Ponton berpendapat bahwa serangan tersebut dimaksudkan untuk menimbulkan ketakutan di kalangan masyarakat dan mempengaruhi politik. Ekuador akan memilih presiden pada pemilu putaran kedua pada 15 Oktober.

“Masalahnya adalah kita melihat peningkatan masalah ini, dan mengingat tingkat ketidakmampuan negara, kita bisa memperkirakan adanya serangan terhadap penduduk,” ujar Ponton.

“Ini adalah skenario yang dapat diprediksi dan akan sangat buruk,” imbuhnya.

Rangkaian ledakan dimulai pada Rabu malam, ketika sebuah bom mobil meledak di Quito, ibu kota Ekuador, di kawasan yang sebelumnya merupakan kantor sistem pemasyarakatan negara tersebut. Dua bom mobil lainnya kemudian meledak di provinsi El Oro, yang terletak di barat daya negara tersebut.

Kendaraan lain di Quito meledak pada hari Kamis, kali ini di luar kantor sistem pemasyarakatan. Sebuah alat peledak juga meledak di Cuenca, yang terletak di pegunungan Andes di Ekuador selatan.

Seorang hakim memerintahkan enam orang yang dicurigai terlibat dalam ledakan di ibu kota ditahan sementara penyelidikan berlanjut.



Komandan polisi Fausto Martinez mengatakan empat tersangka ditangkap sehubungan dengan ledakan di Napo. Dia mengatakan tiga orang dewasa dan seorang anak di bawah umur ditangkap saat mereka sedang bepergian dengan taksi dan pihak berwenang menemukan blok dinamit yang sudah disinkronkan ke alat peledak dengan sekring yang lambat. Temuan ini mendorong agen untuk melakukan dua ledakan terkendali.

Pihak berwenang Ekuador mengaitkan lonjakan kekerasan selama tiga tahun terakhir dengan kekosongan kekuasaan yang dipicu oleh pembunuhan Jorge Zambrano, alias “Rasquina” atau “JL," pemimpin geng lokal Los Choneros pada tahun 2020.

Los Choneros dan kelompok serupa yang terkait dengan kartel Meksiko dan Kolombia saling berebut rute penyelundupan narkoba dan penguasaan wilayah, termasuk di dalam fasilitas penahanan, di mana setidaknya 400 narapidana telah meninggal sejak tahun 2021, menurut pihak berwenang.

Anggota geng melakukan pembunuhan kontrak, menjalankan operasi pemerasan, memindahkan dan menjual narkoba, dan memerintah penjara.

Villavicencio, calon presiden, memiliki sikap keras terhadap kejahatan terorganisir dan korupsi. Dia dibunuh pada 9 Agustus di akhir rapat umum politik di Quito meskipun dia memiliki petugas keamanan yang mencakup polisi dan pengawal.

Dia menuduh Los Choneros dan pemimpinnya yang dipenjara saat ini, Adolfo Macias, alias “Fito,” mengancam dia dan tim kampanyenya beberapa hari sebelum pembunuhan tersebut.

Pihak berwenang menahan enam pria Kolombia sehubungan dengan pembunuhan Villavicencio.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)