10 Fakta Menarik Tembok Besar China, Nomor 5 Bahan Utamanya Adalah Ketan

Sabtu, 02 September 2023 - 04:35 WIB
loading...
A A A
Hewan langka lainnya yang dapat ditemukan di kawasan tersebut adalah salamander raksasa China. Amfibi raksasa ini dapat tumbuh hingga sepanjang 1,8 meter, menjadikannya salamander terbesar di dunia.

Dalam hal tumbuhan, Tembok Besar adalah rumah bagi berbagai spesies langka dan terancam punah. Salah satunya adalah cemara air China, pohon yang hanya ditemukan di China dan dianggap sangat terancam punah. Yang lainnya adalah tanaman merambat terompet Cina, tanaman merambat berbunga yang terkenal dengan bunganya yang indah berbentuk terompet.

10. Tembok Besar Mengubah Fungsi Gua

10 Fakta Menarik Tembok Besar China, Nomor 5 Bahan Utamanya Adalah Ketan

Foto/Reuters

Tembok Besar China mencakup banyak gua alam dan terowongan buatan yang digunakan untuk keperluan militer. Gua dan terowongan menyediakan tempat berlindung dan ruang penyimpanan bagi tentara dan senjata, serta jalan rahasia untuk komunikasi dan serangan mendadak.

Beberapa terowongan juga digunakan untuk mengangkut perbekalan dan bala bantuan. Namun gua-gua tersebut tidak hanya digunakan untuk tujuan praktis—gua-gua tersebut juga memiliki makna budaya yang cukup keren. Bahkan, beberapa gua digunakan sebagai candi atau tempat pemujaan dan dianggap suci oleh orang yang membangun tembok tersebut.

Mereka percaya bahwa gua-gua tersebut adalah pintu gerbang spiritual antara dunia duniawi dan langit di atas dan bahwa roh nenek moyang mereka tinggal di sana. Saat ini, banyak gua di sepanjang Tembok Besar masih dapat diakses.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)