alexa snippet

Tak Ada Korupsi, Norwegia Negara Paling Bahagia di Dunia

Tak Ada Korupsi, Norwegia Negara Paling Bahagia di Dunia
Norwgia dinobatkan sebagai negara paling bahagia pada 2017. Foto / Ilustrasi i-Stock
A+ A-
OSLO - Norwegia telah dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia pada tahun 2017. Kriteria untuk status ini salah satunya adalah tidak adanya korupsi di sektor pemerintah dan bisnis.

Situs The World Happiness Report 2017 telah merilis negara-negara paling bahagia di dunia. Pada tahun ini, Norwegia mengalahkan Denmark yang sudah tiga kali berada di ranking pertama negara paling bahagia di dunia.

Saat ini, Denmark berada di urutan kedua. Menurut situs The World Happiness Report 2017, peringkat itu berdasarkan enam kriteria yang dikur. Yakni, GDP per kapita, usia harapan hidup, kebebasan, kemurahan hati, dukungan sosial dan tidak adanya korupsi di sektor pemerintah maupun bisnis.

”Negara bahagia adalah (yang) orang-orangnya memiliki keseimbangan hidup yang sehat dan kemakmuran, seperti yang diukur secara konvensional, dan dukungan sosial, yang berarti tingkat kepercayaan yang tinggi di masyarakat, kesenjangan yang rendah dan kepercayaan pada pemerintah,” kata Jeffrey Sachs, Direktur Sustainable Development Solutions Network (SDSN) yang menerbitkan laporan itu, kepada Reuters, Senin (20/3/2017).

”Apa yang bekerja di negara-negara Nordik adalah rasa kebersamaan dan pemahaman dalam kebaikan bersama,” imbuh Meik Wiking, chief executive dari Happiness Institute di Copenhagen.

Islandia, Swiss dan Finlandia juga masuk lima besar negara paling bahagia di dunia. AS di ranking 14 dan Inggris di posisi 19.

Sachs mengatakan posisi AS jatuh karena meningkatnya ketidaksetaraan, ketidakpercayaan dan korupsi. “Langkah-langkah ekonomi Presiden Trump bertujuan untuk meningkatkan ketidaksetaraan. Pemotongan pajak, mendepak orang dari asuransi kesehatan dan pemotongan ‘Meals on Wheels’ untuk meningkatkan belanja militer. Saya pikir segala sesuatu yang telah diusulkan, salah arah,” katanya.

Suriah, Yaman, Tanzania dan Burundi masuk di urutan buncit dari 155 negara yang terdaftar oleh SDSN.

Tujuan dari laporan ini adalah untuk memberikan pemerintah terkait dengan alat ukur untuk meningkatkan kesejahteraan di negara masing-masing. ”Saya ingin pemerintah untuk mengukur ini, mendiskusikannya, menganalisis dan memahami ketika mereka telah jatuh pada arah yang salah,” ujar Sachs.

Berikut 20 Besar Negara Paling Bahagia di Dunia 2017

1. Norwegia
2. Denmark
3. Islandia
4. Swiss
5. Finlandia
6. Belanda
7. Kanada
8. Selandia Baru
9. Australia
10. Swedia
11. Israel
12. Kosta Rika
13. Austria
14. Amerika Serikat
15. Irlandia
16. Jerman
17. Belgia
18. Luksemburg
19. Inggris Raya
20. Chile
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top