Jadi Tahanan Rumah, Presiden Gabon Minta Bantuan Via Video

Kamis, 31 Agustus 2023 - 02:12 WIB
loading...
Jadi Tahanan Rumah, Presiden Gabon Minta Bantuan Via Video
Presiden Gabon terguling, Ali Bongo, meminta bantuan via video. Foto/PM News Nigeria
A A A
LIBREVILLE - Presiden Gabon Ali Bongo meminta bantuan setelah tentara menggulingkannya melalui kudeta dan menjadikannya tahanan rumah.

Berbicara dari tempat yang disebutnya sebagai kediamannya, dalam sebuah pesan video, Bongomendesak para pendukungnya untuk bersuara. Bongo juga membenarkan bahwa dia berada dalam tahanan rumah.

"Anak saya ada di suatu tempat, istri saya ada di tempat lain... Tidak terjadi apa-apa. Saya tidak tahu apa yang terjadi," katanya dalam bahasa Inggris, sebelum kembali meminta bantuan, seperti dilansir dari BBC, Kamis (31/8/2023).

Sebuah perusahaan komunikasi yang bekerja untuk kepresidenan selama pemilu telah menghubungi BBC untuk mengonfirmasi keaslian rekaman tersebut. Dikatakan bahwa pihaknya telah diminta oleh kantor Bongo untuk mengedarkan video tersebut.

Sebelumnya, para perwira militer muncul di TV untuk mengatakan bahwa mereka telah mengambil alih kekuasaan.

Mereka mengatakan mereka membatalkan hasil pemilu hari Sabtu di mana Bongo dinyatakan sebagai pemenang, namun pihak oposisi mengatakan pemilu tersebut curang. Komisi pemilu Gabon mengatakan Bongo hanya meraih kurang dari dua pertiga suara dalam pemilu hari Sabtu

Para perwira militer itu juga mengatakan mereka telah menangkap salah satu putra Bongo karena makar.

Dalam pernyataannya di TV, para pemimpin kudeta mengatakan mereka membatalkan hasil pemilu dan membubarkan “semua institusi republik”.

Salah satu tentara mengatakan mereka telah mengakhiri rezim saat ini karena pemerintahan yang tidak bertanggung jawab dan tidak dapat diprediksi mengakibatkan terus memburuknya kohesi sosial yang berisiko membawa negara ke dalam kekacauan.

Bongo akan digantikan oleh kepala pengawal presiden, Jenderal Brice Oligui Nguema, dan pejabat tertentu akan menjawab tindakan mereka setelah penyelidikan.

"Perbatasan negara telah ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut”, tambah mereka.



Ini merupakan kudeta kedelapan di bekas jajahan Prancis di Afrika dalam tiga tahun terakhir.

Namun, sebagian besar wilayah lainnya berada jauh di utara, di wilayah Sahel, tempat pemberontakan kelompok Islam telah menyebabkan meningkatnya keluhan bahwa pemerintah yang dipilih secara demokratis gagal melindungi masyarakat sipil.

Di Gabon, tidak ada keraguan bahwa setelah berkuasa sejak tahun 1967, banyak orang sudah muak dengan dinasti keluarga Bongo. Masyarakat dengan cepat turun ke jalan, tampak sangat gembira. Sejauh ini hanya ada sedikit tanda-tanda penolakan.

Pemerintah Prancis mengutuk kudeta tersebut, dan juru bicaranya menyerukan agar hasil pemilu dihormati.

Namun, pengaruh Prancis di Afrika telah berkurang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan seruan Ali Bongo untuk berkuasa beberapa tahun lagi sepertinya tidak akan diterima dengan baik.

Memang benar bahwa militer mungkin telah melihat kekuatan Prancis surut dan sebagai dampaknya mereka merasa diberi wewenang untuk turun tangan, dan kecil kemungkinannya Paris untuk bertindak mendukung Bongo.

Penggunaan bahasa Inggris yang digunakan Bongo dalam videonya, bukan bahasa Prancis yang merupakan bahasa resmi Gabon, menunjukkan bahwa ia berbicara kepada Persemakmuran dan bukan Perancis.

Rusia dan China adalah beberapa negara yang telah menyatakan keprihatinan mereka. Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa mengatakan pengambilalihan militer akan meningkatkan ketidakstabilan di Afrika.

“Ini adalah masalah besar bagi Eropa,” kata Josep Borrell.



Akses internet dihentikan setelah pemilu hari Sabtu karena alasan keamanan, namun dipulihkan segera setelah pengambilalihan kekuasaan. Jam malam juga diberlakukan.

Seperti pemilu sebelumnya di Gabon, terdapat kekhawatiran serius mengenai proses pemilu pada hari Sabtu.

Kandidat oposisi utama Albert Ondo Ossa mengeluh bahwa banyak TPS tidak memiliki surat suara yang mencantumkan namanya, sementara koalisi yang ia wakili mengatakan bahwa nama beberapa orang yang mengundurkan diri dari pemilihan presiden masih ada di surat suara.

Kelompok kampanye Reporters Without Borders mengatakan media asing dilarang menginjakkan kaki di negara tersebut untuk meliput pemilu.

Kemenangan Bongo sebelumnya dianggap curang oleh lawannya. Kali ini, perubahan kontroversial dilakukan pada surat suara hanya beberapa minggu sebelum hari pemilihan.

Bongo mulai berkuasa ketika ayahnya Omar meninggal pada tahun 2009.

Pada tahun 2018, ia menderita stroke yang membuatnya absen selama hampir satu tahun dan membuatnya diminta untuk lengser.

Tahun berikutnya, upaya kudeta yang gagal menyebabkan tentara yang memberontak dikirim ke penjara.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2253 seconds (0.1#10.140)