5 Fakta Unik Gabon, Nomor 4 Penghasil Obat Kecanduan Narkoba

Rabu, 30 Agustus 2023 - 17:19 WIB
loading...
5 Fakta Unik Gabon, Nomor 4 Penghasil Obat Kecanduan Narkoba
Kudeta militer di Gabon menjadikan negara tersebut menjadi pusat perhatian. Foto/Reuters
A A A
GABON - Gabon menjadi perhatian dunia setelah para perwira militer mengumumkan bahwa mereka telah mengambil alih kekuasaan. Itu dilakukan setelah pemilu yang menurut hasil resmi, dimenangkan oleh Presiden Ali Bongo Ondimba.

Selain isu kudeta, Gabon memiliki banyak hal menarik dan unik yang bisa saja tidak diketahui oleh banyak orang. Pasalnya, Gabon kerap diabaikan dalam pergaulan internasional.

Berikut adalah 5 fakta menarik tentang Gabon.

1. Keluarga Bongo Berkuasa Selama 55 Tahun

5 Fakta Unik Gabon, Nomor 4 Penghasil Obat Kecanduan Narkoba

Foto/Reuters

Melansir vanguardngr, negara kecil di Afrika tengah ini telah diperintah oleh keluarga yang sama selama lebih dari 55 dari 63 tahun sejak kemerdekaannya dari Prancis pada tahun 1960.

Bongo, 64 tahun, yang mengincar masa jabatan ketiga pada pemilu hari Sabtu, mengambil alih kekuasaan ketika ayahnya Omar meninggal pada tahun 2009 setelah hampir 42 tahun berkuasa.

Bongo senior, yang menjabat pada tahun 1967, memiliki reputasi sebagai kleptokrat – salah satu orang terkaya di dunia, yang kekayaannya berasal dari kekayaan minyak Gabon.

Putranya tumbuh sebagai keturunan keluarga penguasa kaya yang riang dan pernah dikenal dengan inisial ABO, Ali B — atau, yang kurang menarik, “Monsieur Fils” (Tuan Anak).

Pada Oktober 2018, Bongo menderita stroke yang membuatnya absen selama 10 bulan. Peristiwa ini memicu klaim bahwa ia tidak layak untuk memerintah dan memicu upaya kudeta kecil.


2. Kaya Minyak Bumi

5 Fakta Unik Gabon, Nomor 4 Penghasil Obat Kecanduan Narkoba

Foto/Reuters

Gabon adalah salah satu negara terkaya di Afrika dalam hal PDB per kapita, sebagian besar berkat pendapatan minyak dan jumlah penduduknya yang kecil yaitu 2,3 juta jiwa.

Pada tahun 1970-an, negara ini menemukan cadangan minyak melimpah di lepas pantai, sehingga memungkinkan negara tersebut membangun kelas menengah yang kuat dan mendapat julukan “emirat kecil di Afrika Tengah”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)