10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks

Rabu, 30 Agustus 2023 - 21:50 WIB
loading...
10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks
The Last Supper atau Perjamuan Terakhir merupakan salah satu lukisan terkenal sepanjang masa. Foto/worldfamousthings
A A A
WASHINGTON - Ada banyak seniman seperti itu di dunia yang memukau seluruh dunia dengan kreativitas mereka yang menarik. Namun, tidak bisa mengetahui secara pasti berapa jumlah lukisan yang dibuat di dunia, namun ada beberapa di antaranya yang mendapat tempat istimewa di dunia karena alasan tertentu.

Hanya saja, ada beberapa lukisan yang terkenal. Umumnya, lukisan yang terkenal tersebut dibuat puluhan tahun yang lalu ini masih tidak kalah harganya dengan harga berlian dan mutiara manapun. Banyak dari lukisan ini yang masih ada di galeri seni.

Berikut adalah 10 lukisan paling terkenal di dunia.

1. Mona Lisa

10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks

Foto/worldfamousthings

Lokasi: Museum Louvre di Paris, Prancis

Artis: Leonardo da Vinci

Dibuat: 1503 – 1519

Melansir worldfamousthings, lukisan Mona Lisa dikatakan sebagai lukisan paling terkenal, mahal dan misterius di dunia. Mona Lisa artinya Nyonya.

Bukan hanya sebuah lukisan tetapi juga sebuah misteri tersendiri. Konon lukisan ini dibuat oleh seniman lukis terkenal Leonardo da Vinci. Lukisan ini dibuat antara tahun 1503 dan 1519 dan masih menjadi lukisan paling terkenal di seluruh dunia.

Lukisan tersebut masih disimpan di Museum Louvre di Paris yang merupakan salah satu museum terbesar di dunia. Konon lukisan itu disimpan di balik cermin khusus.

Terkenal karena:

Hal yang paling terkenal dari lukisan ini adalah senyumannya. Banyak jenis penelitian telah dilakukan mengenai hal ini sampai sekarang. Senyuman wajah yang tercipta pada lukisan Mona Lisa dari setiap sudut berbeda-beda.

Masalah terbesar Leonardo adalah membuat bibir Monalisa, butuh waktu 12 tahun untuk hanya membuat bibir saja. Leonardo A Vinci menggunakan lebih dari 30 lapisan untuk mewarnai lukisan Mona Lisa, dan beberapa di antaranya lebih tipis dari rambut manusia.


2. Kelahiran Venus (The Birth of Venus)

10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks

Foto/worldfamousthings

Lokasi: Galeri Uffizi di Florence, Italia

Artis: Sandro Botticelli

Dibuat: 1485 – 1486

Lukisan “The Birth of Venus” dibuat oleh seniman Italia Sandro Botticelli pada tahun 1485–1486. Lukisan ini disimpan di Galeri Uffizi Florence yang merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Italia. Ini adalah mahakarya lain dari Renaisans Italia.

Lukisan tersebut menunjukkan kelahiran Dewi Venus. Dewa Venus muncul dari laut dalam wujud seorang wanita cantik dan sampai ke tepi laut. Wajah cantik dan Postur Pemalu Venus adalah bagian terpenting dari lukisan itu.

Terkenal karena:

“The Birth of Venus” adalah salah satu lukisan mitologi paling terkenal. Sebagian besar lukisan pada masa itu diukir di atas kayu tetapi dilukis di atas kanvas. Dikatakan bahwa ini adalah lukisan pertama di atas kanvas di Tuscany.

Dewi Venus yang telanjang digambarkan sebagai perwujudan kecantikan, seorang wanita yang sangat cantik yang telah mencapai daratan dengan cinta dan keindahan dari laut. Kulitnya halus dan berwarna susu tanpa cacat, telanjang. Rambut pirang panjangnya menutupi hampir seluruh panjang tubuhnya.

3. Malam Berbintang (The Starry Night)

10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks

Foto/worldfamousthings

Lokasi: Museum seni di New York City, AS

Artis: Vincent van Gogh

Dibuat: 1889

Lukisan Malam Berbintang adalah salah satu lukisan paling terkenal karya Vincent Van Gogh sang seniman Belanda, lukisan cat minyak di atas kanvas dan dibuat pada bulan Juni 1889.

Ketika sang seniman tinggal di sanatorium, suatu hari ia mengabadikan pemandangan dari jendela kamarnya di lukisan ini. Seniman hebat seperti itu banyak melukis, tetapi lukisannya tersebut sangat tidak biasa dibandingkan lukisan lainnya. Lukisan ini disimpan di Museum Seni Modern New York.

Terkenal karena:

Lukisan ini langsung dikenali karena gayanya yang unik. Salah satu fakta paling menarik tentang lukisan ini adalah bahwa lukisan ini dilukis pada saat Vincent van Gogh dirawat di rumah sakit jiwa di Saint-Remy di Prancis selatan setelah memotong telinganya dengan a pisau cukur.

Lukisan indah berwarna gelap ini menceritakan kisah pedesaan dari sudut pandang yang menggambarkan kenangan dan emosi yang mereka rasakan selama tinggal di daerah tersebut.


4. Perjamuan Terakhir (The Last Supper)

Lokasi: Santa Maria Delle Grazie di Milan, Italia

Artis: Leonardo da Vinci

Dibuat: 1495 – 1498

“Perjamuan Terakhir” juga merupakan salah satu lukisan terkenal karya seniman Italia Leonardo da Vinci setelah “Monalisa”. Lukisan ini dibuat antara tahun 1495 dan 1498, dan merupakan salah satu lukisan paling favorit dan dipelajari di dunia.

Dalam lukisan ini, Yesus diperlihatkan sedang mengadakan perjamuan terakhir sebelum disalib. Lukisan itu juga menggambarkan Yesus sedang makan bersama 12 rasulnya (muridnya). Lukisan tersebut menggambarkan adegan ketika Yesus memberi tahu murid-muridnya bahwa salah satu dari mereka akan mengkhianatinya.

Terkenal karena:

Yang paling terkenal dan unik adalah lukisan itu tidak akan ditemukan di museum mana pun. Itu dilukis di dinding Gereja Biara “Santa Maria Delle Grazie” di kota Milan, Italia. Leonardo da Vinci melukis lukisan ini di dinding ruang makan sana.

Leonardo da Vinci melukis momen spesifik Yesus bersama 12 rasulnya “Perjamuan Terakhir” yang menjadikannya salah satu lukisan paling terkenal di dunia.

5. Penciptaan Adam

Lokasi: Kapel Sistina di Kota Vatikan

Artis: Michelangelo

Dibuat: 1508 – 1512

Michelangelo Buonarroti adalah salah satu seniman Renaisans Italia paling terkenal. Dia melukis langit-langit Kapel Sistina di Kota Vatikan antara tahun 1508 dan 1512.

“Penciptaan Adam” adalah salah satunya. Ini adalah salah satu lukisan paling religius dalam sejarah dan lukisan terpenting dari High Renaissance. Adam diyakini sebagai manusia pertama di dunia, lukisan tersebut menunjukkan bagaimana Tuhan menciptakan Adam menurut cerita alkitab.

Terkenal karena:

“The Creation of Adam” adalah salah satu lukisan paling terkenal dan ikonik dalam sejarah seni Eropa. Michelangelo Buonarroti melukis lukisan langit-langit Kapel Sistina dengan beberapa lukisan yang menggambarkan banyak cerita di Injil.
Konon gambar paling terkenal dari langit-langit adalah Penciptaan Adam, yang menggambarkan Tuhan yang memberi kehidupan kepada manusia pertama, Adam.

6. Jeritan (The Scream)

10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks

Foto/worldfamousthings

Lokasi: Galeri Nasional di Oslo, Norwegia

Artis: Edvard Munch

Dibuat: 1893

The Scream dilukis oleh seniman Norwegia Edvard Munch pada tahun 1893. Lukisan itu dibuat dengan menggunakan minyak dan pastel, dan menggambarkan seorang pria yang ketakutan dan berteriak sepanjang lukisan.

Lukisan tersebut dicuri pada tahun 2004, lukisan tersebut hilang selama dua tahun dan ditemukan kembali pada tahun 2006. Saat ini lukisan terkenal tersebut disimpan di Galeri Nasional, Oslo, Norwegia.

Terkenal karena:

“The Scream” adalah salah satu dari sedikit lukisan yang dibuat dengan gaya otobiografi dan Ekspresionisme dan juga termasuk di antara 10 lukisan paling terkenal di dunia.

Artis tersebut berkata tentang gambar ini, bahwa suatu hari saya pergi jalan-jalan dengan dua orang teman saat matahari terbenam. Tiba-tiba sinar matahari mengubah awan menjadi merah seperti darah.

Saat itu dia merasakan jeritan tak terhingga melewati alam dan melukiskan ketakutan yang sama seperti yang dia rasakan hari itu.

7. Gadis Dengan Anting Mutiara (Girl With A Pearl Earring)

10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks

Foto/worldfamousthings

Lokasi: Mauritius, Belanda

Artis: Johannes Vermeer

Dibuat: 1665

“Gadis dengan Anting Mutiara” adalah lukisan cat minyak di atas kanvas dan mahakarya indah karya seniman Belanda Johannes Vermeer pada tahun 1665. Lukisan ini dianggap sebagai salah satu karya seni paling terkenal oleh Johannes Vermeer.

Lukisan cantik ini juga telah digunakan di sampul banyak buku seni. Lukisan itu telah menarik banyak orang sepanjang sejarah. Lukisan ini telah menarik banyak orang ke museum seni di Mauritius Den Haag di Belanda.

Terkenal karena:

Johannes Vermeer adalah ahli cahaya. Ilustrasi “Gadis dengan Anting Mutiara” tentang seorang wanita muda yang duduk di depan latar belakang gelap.

Yang paling terkenal dari lukisan ini adalah menggambarkan kelembutan wajah seorang gadis cantik dan pancaran cahaya di bibirnya dengan sangat indah. Selain itu, dia mengenakan mutiara yang sangat indah bersinar bersinar seperti sinar matahari di telinganya.

8. The Persistence of Memory

10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks

Foto/worldfamousthings

Lokasi: Museum Seni Modern, New York

Artis: Salvador DalĂ­

Dibuat: 1931

Lukisan Persistence of Memory adalah salah satu lukisan cat minyak paling terkenal dan dibuat pada tahun 1931 oleh seniman surealis terkenal Spanyol Salvador Dali (1904–1989). Ini dianggap sebagai salah satu artefak terbaik dalam sejarah.

Jam leleh yang lembut ditunjukkan dalam lukisan itu. Tujuan dari lukisan ini adalah untuk menarik perhatian orang terhadap kehidupan dan waktu mereka. Lukisan indah ini dipajang di Museum of Modern Art di New York City, sebuah landmark terkenal di New York City.

Terkenal karena:

Lukisan Persistence of Memory mewakili kemahahadiran waktu dan mencerminkan pemikiran unik sang seniman. Ini adalah salah satu lukisan paling terkenal di dunia.

Jam yang meleleh adalah benda yang paling berkesan dalam lukisan ini dan berisi salah satu benda paling menarik yang dilukis oleh Salvador Dali. Dia mendapat pengakuan instan di seluruh dunia atas lukisan menakjubkan ini.

9. Guernica

10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks

Foto/worldfamousthings

Lokasi: Museo Reina SofĂ­a di Madrid, Spanyol

Artis: Pablo Picasso

Dibuat: 1937

Lukisan Guernica merupakan lukisan cat minyak paling terkenal di atas kanvas, Picasso dibuat oleh Pablo Picasso pada tanggal 26 April 1937–Juni 1937 pada masa Perang Saudara Spanyol.

Lukisan ini dipajang secara permanen di Museum Nasional Museo Reina Sofia di Madrid, Spanyol. Lukisan ini menggambarkan penderitaan dan kekacauan manusia dan juga melukis binatang seperti banteng dan kuda.

Terkenal karena:

Lukisan Guernica dianggap sebagai salah satu karya seni anti-perang terpenting dalam sejarah. Salah satu hal paling terkenal tentang Guernica adalah lukisan politiknya yang kuat sebagai protes terhadap perang.

Ini menjadi dakwaan paling kuat di abad ke-20 terhadap perang, dan masih terasa sangat relevan hingga saat ini.

10. Ciuman (The Kiss)

10 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Masa di Dunia, dari Bertema Religi hingga Seks

Foto/worldfamousthings

lokasi: Galeri Austria Belvedere di Wina, Austria

Artis: Gustav Klimt

Dibuat: 1907 – 1908

“The Kiss” oleh seniman Simbolis Austria Gustav Klimt dilukis pada tahun 1907–1908 selama puncak 'Periode Emas'. Gustav Klimt melukis lukisan cat minyak yang kaya ini dengan tambahan platina, perak, dan daun emas.

Lukisan tersebut disimpan di salah satu tempat wisata terkenal di Austria, Galeri Austria Belvedere di Wina. Lukisan tersebut menjadi salah satu lukisan paling ikonik pada masa Art Nouveau. Lukisan tertersebut adalah potret nafsu dan cinta yang tampak sederhana.

Terkenal karena:

“The Kiss” adalah lukisan terakhir Periode Emas Gustav Klimt, di mana ia dengan indah menggambarkan daun perak dan emas dalam karyanya.

Lukisan ini membuat banyak orang terpesona ketika melihat adegan cinta dua wajah yang saling berpelukan dengan warna yang indah. Lukisan “The Kiss” melambangkan perpaduan cinta spiritual dan sensual.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)