10 Fakta Menarik Tentang Gothenburg, Salah Satunya Kota Swedia yang Dibangun Belanda

Selasa, 22 Agustus 2023 - 07:30 WIB
loading...
10 Fakta Menarik Tentang Gothenburg, Salah Satunya Kota Swedia yang Dibangun Belanda
Gothenburg menjadi salah satu kota yang memiliki banyak hal menarik dan unik. Foto/lifeinnorway
A A A
STOCKHOLM - Gothenburg merupakan kota yang bisa ditempuh dengan mudah dari Oslo, Swedia . Meskipun mungkin memainkan peran kedua setelah ibu kota Swedia, Stockholm, dalam hal ukuran dan pengakuan global, Gothenburg mempertahankan identitasnya sendiri yang menggabungkan semangat maritim bersejarah dengan kehidupan dan inovasi kontemporer.

Lokasi strategisnya yang dekat dengan perbatasan Norwegia-Swedia tidak hanya memberikan signifikansi ekonomi tetapi juga kekayaan budaya yang berasal dari pengaruh di seluruh Skandinavia dan sekitarnya.

Sementara akar maritim kota menjadi identitasnya, Gothenburg juga merupakan pusat seni, musik, keahlian memasak, dan inovasi berkelanjutan.

Jalan berbatu dengan studio desain mutakhir, dan galangan kapal bersejarah dengan ruang kota yang hijau, menjadikan kota ini kepribadiannya yang khas.

Berikut adahal 10 fakta menarik tentang Gothenburg.

1. Kota terbesar kelima di Nordik

10 Fakta Menarik Tentang Gothenburg, Salah Satunya Kota Swedia yang Dibangun Belanda

Foto/lifeinnorway

Melansir lifeinnorway, signifikansi Gothenburg tidak hanya terbatas di Swedia; itu berdiri tegak sebagai pusat kota utama di panorama Nordik yang lebih luas. Terletak di pantai barat Swedia, Gothenburg, dengan pesona maritim dan bakat kosmopolitannya, memiliki pengaruh yang jauh melampaui apa yang diharapkan dari sebuah kota non-ibu kota.

Dengan jumlah penduduk yang mendekati 600.000 jiwa, dan mencakup lebih dari 1,1 juta jiwa di wilayah perkotaannya yang luas, bobot demografi Gothenburg tidak dapat disangkal.

Di wilayah Nordik, Gothenburg dengan nyaman mengklaim gelar kota terbesar yang tidak berfungsi sebagai ibu kota negara. Ini adalah perbedaan yang luar biasa, terutama mengingat kota-kota bersejarah yang tersebar di seluruh wilayah.

Singkatnya, Gothenburg, dengan wilayah perkotaannya yang luas dan aktivitas yang ramai, membuat Reykjavik kerdil, ibu kota Islandia. Meskipun Reykjavik, dengan pemandangan seninya yang dinamis dan keajaiban panas bumi, memiliki daya tarik uniknya sendiri, Gothenburg-lah yang mengklaim sebagai raja dalam hal luas wilayahnya.


2. Kota ini sebenarnya tidak bernama Gothenburg

10 Fakta Menarik Tentang Gothenburg, Salah Satunya Kota Swedia yang Dibangun Belanda

Foto/lifeinnorway

Dalam bahasa aslinya, Swedia, kota ini dengan bangga menyandang nama Göteborg, dengan pengucapannya, yacht-a-bore(g), sering kali membuat tersandung orang-orang yang tidak terbiasa dengan irama Nordik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)