Negara Komunis Terkaya di Asia, Salah Satunya Punya Pengaruh Besar di Dunia

Rabu, 30 Agustus 2023 - 14:07 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan PDB, China masuk deretan teratas sebagai negara terkaya di dunia. Menurut data World Bank, PDB China di tahun 2022 mencapai USD17,9 triliun.

Jika membandingkan negara komunis terkaya di kawasan Asia, China berada di urutan pertama. Ekonominya jauh mengalahkan Vietnam, Korea Utara, dan lainnya.

2. Vietnam


Berikutnya ada Vietnam. Negara di kawasan Asia Tenggara ini berbagi perbatasan darat dengan China di utara, serta Laos dan Kamboja di bagian barat.

Vietnam memiliki ibu kota di Hanoi. Sementara itu, kota terbesarnya adalah Ho Chi Minh.

Vietnam telah dikenal luas sebagai negara komunis. Layaknya negara-negara komunis lain, seiring perkembangannya ia mulai mengubah komponen ideologinya dan menjadi lebih terbuka.

Di sektor ekonomi, Vietnam melakukan reformasi melalui peluncuran Doi Moi pada 1986. Seiring waktu, mereka telah bergerak maju keluar dari status negara miskin menjadi negara berpendapatan menengah dalam satu generasi.

Mengutip World Bank, Vietnam telah memiliki fondasi yang kokoh. Hal ini membuat perekonomiannya terbukti tangguh ketika menghadapi berbagai krisis.

Pada tahun 2022, negara ini memiliki PDB mencapai USD408 miliar. Jika dibandingkan dengan negara komunis lain di Asia, ia masuk jajaran teratas sebagai negara terkaya di bawah China.

Bongo mulai berkuasa ketika ayahnya Omar meninggal pada tahun 2009.

Pada tahun 2018, ia menderita stroke yang membuatnya absen selama hampir satu tahun dan membuatnya diminta untuk minggir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)