Hiii, Dokter Temukan Cacing Hidup di Otak Wanita Australia

Selasa, 29 Agustus 2023 - 16:04 WIB
loading...
Hiii, Dokter Temukan Cacing Hidup di Otak Wanita Australia
Dokter di Australia menemukan cacing hidup di dalam otak seorang wanita. Foto/CNN
A A A
CANBERRA - Untuk pertama kalinya di dunia, para ilmuwan menemukan cacing hidup sepanjang 8 cm di dalam otak seorang wanita Australia .

Struktur seperti tali ini diambil dari lobus frontal pasien yang rusak selama operasi di Canberra tahun lalu.

Wanita tersebut menderita apa yang oleh dokter disebut sebagai "konstelasi gejala yang tidak biasa" - sakit perut, batuk dan berkeringat di malam hari, yang kemudian berkembang menjadi semakin sering lupa dan depresi.

Binatang parasit berwarna merah itu bisa saja berada di sana hingga dua bulan.

Para peneliti memperingatkan bahwa kasus ini menyoroti meningkatnya bahaya penyakit dan infeksi yang ditularkan dari hewan ke manusia.

“Semua orang di ruang operasi itu mendapat kejutan besar ketika (ahli bedah) mengambil beberapa tang untuk menemukan kelainan dan kelainan itu ternyata adalah cacing merah muda berukuran 8 cm yang menggeliat dan hidup,” kata Sanjaya Senanayake, dokter penyakit menular di Rumah Sakit Canberra.



"Bahkan jika faktor menjijikkannya dihilangkan, ini adalah infeksi baru yang belum pernah didokumentasikan sebelumnya pada manusia," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Selasa (29/8/2023).

Cacing gelang Ophidascaris robertsi umumnya ditemukan pada ular piton karpet, ular tidak berbisa yang banyak ditemukan di Australia.

Para ilmuwan mengatakan wanita tersebut kemungkinan besar tertular cacing gelang setelah mengumpulkan sejenis rumput asli, sayuran Warrigal, di samping danau dekat tempat tinggalnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)