Mengapa Donald Trump Dipenjarakan di Penjara Fulton dan Bebas dengan Jaminan?

Selasa, 29 Agustus 2023 - 06:49 WIB
loading...
Mengapa Donald Trump Dipenjarakan di Penjara Fulton dan Bebas dengan Jaminan?
Donald Trump didakwa intervensi hasil pemilu di Georgia, Amerika Serikat. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Sekali lagi, negara bagian Georgia di Amerika Serikat (AS) menjadi pusat pertikaian politik. Jaksa penuntut Georgia Fani Willis sudah mengajukan bukti kepada dewan juri, sebagai bagian dari penyelidikan selama bertahun-tahun terhadap Donald Trump.

Kasus yang membelit Trump adalah upayanya membatalkan hasil pemilihan presiden tahun 2020 di negara bagian tersebut. Tmp membantah melakukan kesalahan dan menyerang penyelidikan tersebut karena bermotif politik. Dia tetap menjadi favorit untuk memenangkan nominasi presiden dari Partai Republik pada tahun 2024.

Berikut adalah 5 alasan mengapa Donald Trump dipenjarakan di PenjaraFulton dan bebas dengan jaminan?

1. Didakwa Kasus Penipuan dan Konspirasi

Mengapa Donald Trump Dipenjarakan di Penjara Fulton dan Bebas dengan Jaminan?

Foto/Reuters

"Trump mungkin menghadapi tuduhan penipuan dan konspirasi, termasuk penipuan pemilih dan pemilu," kata mantan jaksa federal Neama Rahmani, dilansir BBC. Dan mungkin menghalangi keadilan.

Pakar hukum Georgia juga memperkirakan Willis akan menuntut mantan presiden tersebut melakukan pemerasan. Undang-undang ini terkenal karena penggunaannya melawan kejahatan terorganisir. Tapi Willis telah mengembangkan reputasi untuk menggunakannya dalam kasus-kasus besar lainnya.

Undang-Undang Organisasi yang Dipengaruhi dan Korupsi Pemeras (Racketeer Influenced and Corrupt Organizations Act) di negara bagian tersebut, juga dikenal sebagai RICO, memungkinkan jaksa penuntut untuk menuntut berbagai kejahatan yang terkait dengan tujuan dan sasaran yang sama. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk menuding tersangka pemimpin kelompok.

“Pemerasan didefinisikan sebagai melakukan tindakan tertentu yang dilarang berdasarkan undang-undang negara bagian atau undang-undang federal atau keduanya. Melakukan tidak hanya satu kejahatan, tetapi serangkaian aktivitas yang saling terkait dan terhubung,” kata Morgan Cloud, seorang profesor hukum di Universitas Emory.

"Dalam kasus ini, tujuan umum yang spesifik adalah untuk membatalkan hasil pemilu di negara bagian Georgia," kata Cloud.


2. Terjerat Kasus Besar dan Langka

Mengapa Donald Trump Dipenjarakan di Penjara Fulton dan Bebas dengan Jaminan?

Foto/Reuters

Ini bukan pertama kalinya Trump didakwa atas hal ini.

Dua minggu lalu, Departemen Kehakiman mendakwa dia atas campur tangan pemilu di berbagai tingkat dan dokumen tuntutan tersebut menghabiskan banyak waktu untuk tindakannya di Georgia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)