Tidak Ingin Taiwan seperti Ukraina, Miliarder Foxconn Terry Gou Siap Maju pada Pemilu Presiden 2024

Senin, 28 Agustus 2023 - 15:28 WIB
loading...
A A A
Wakil Presiden Lai Ching-te – yang merupakan kandidat dari DPP – adalah kandidat terdepan dalam pemilu saat ini, sementara Hou dari KMT berada di urutan ketiga di belakang mantan Walikota Taipei Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan yang kecil.

Beijing telah meningkatkan upaya untuk mengisolasi Taiwan secara internasional dan memberikan tekanan pada pemerintahnya sejak Presiden Tsai Ing-wen pertama kali terpilih pada tahun 2016.



Tiongkok menuduh Tsai sebagai seorang “separatis” dan telah melakukan latihan militer rutin di dekat dan sekitar pulau tersebut untuk menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pemerintahannya dan menegaskan klaimnya atas pulau tersebut.

DPP mengatakan rakyat Taiwan harus menjadi pihak yang menentukan masa depan mereka.

Pada konferensi pers pada hari Jumat, Lai menekankan status Taiwan sebagai “negara berdaulat” dan menuduh Tiongkok meningkatkan ketegangan di selat tersebut.

“Taiwan menyelenggarakan pemilihan presiden, wakil presiden, legislator, pejabat, walikota, dan pemimpin pemerintah daerah secara rutin, dan mereka melayani masyarakat, jadi saya pikir ini menunjukkan bahwa Taiwan adalah negara berdaulat,” kata Lai. “Ini adalah fakta, inilah kebenarannya.”

Komentarnya muncul ketika Beijing mengkritik Amerika Serikat atas penjualan senjata lainnya ke Taiwan – paket senilai USD500 juta termasuk teknologi seperti sistem pencarian dan pelacakan inframerah untuk jet tempur F-16 Taiwan.

Meskipun AS tidak secara resmi mengakui Taiwan, yang juga dikenal sebagai Republik Tiongkok, AS adalah salah satu sekutu utama dan pendukung utama keamanan AS. Taiwan secara rutin membeli senjata dari AS sebagai pencegah aksi militer Tiongkok.

Presiden Tiongkok Xi Jinping telah berjanji untuk mengembalikan Taiwan ke “tanah airnya” pada tahun 2049 dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mencapai tujuan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)