Tidak Ingin Taiwan seperti Ukraina, Miliarder Foxconn Terry Gou Siap Maju pada Pemilu Presiden 2024

Senin, 28 Agustus 2023 - 15:28 WIB
loading...
Tidak Ingin Taiwan seperti Ukraina, Miliarder Foxconn Terry Gou Siap Maju pada Pemilu Presiden 2024
Terry Gou, miliarder yang merupakan pendiri Foxcoon, ingin mewujudkan perdamaian di Taiwan. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - Miliarder pendiri Foxconn, Terry Gou, mengumumkan pada Senin (28/8/2023) bahwa ia akan mencalonkan diri sebagai presiden Taiwan sebagai calon independen dalam pemilu yang dijadwalkan pada Januari 2024.

Gou, orang terkaya di negara demokrasi yang memiliki pemerintahan sendiri, telah lama memiliki ambisi politik dan mengundurkan diri dari Foxconn pada tahun 2019 dalam upaya untuk mendapatkan nominasi dari oposisi utama Kuomintang (KMT) pada pemilu terakhir.

Dia gagal dalam upayanya dan juga ditolak awal tahun ini ketika KMT, yang dipandang bersahabat dengan Beijing, memilih Hou Yu-ih, walikota New Taipei City, sebagai kandidatnya.

“Saya telah memutuskan untuk mengikuti pemilihan presiden 2024,” kata Gou dilansir Al Jazeera.

Taipan ini perlu mengumpulkan 290.000 tanda tangan pada tanggal 2 November untuk memenuhi syarat sebagai kandidat independen, dan telah mengadakan acara bergaya kampanye di Taiwan dalam beberapa bulan terakhir.

Foxconn adalah salah satu produsen elektronik terbesar di dunia dan pemasok utama iPhone Apple.



Gou menuduh Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa, yang telah memenangkan dua pemilihan presiden terakhir, membawa “Taiwan menuju bahaya perang” dan mengatakan bahwa kebijakan dalam negeri mereka juga mengandung kesalahan.

“Beri saya waktu empat tahun dan saya berjanji akan membawa perdamaian selama 50 tahun di Selat Taiwan dan membangun landasan terdalam untuk rasa saling percaya di selat tersebut,” katanya dalam permohonan kepada para pemilih.

“Taiwan tidak boleh menjadi Ukraina dan saya tidak akan membiarkan Taiwan menjadi Ukraina berikutnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)