Prancis Larang Penggunaan Abaya di Sekolah

Senin, 28 Agustus 2023 - 10:46 WIB
loading...
Prancis Larang Penggunaan Abaya di Sekolah
Prancis melarang penggunaan busana abaya di sekolah. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Pemerintah Prancis memutuskan melarang penggunaan gaun abaya di sekolah, yang dikenakan oleh sebagian perempuan Muslim.

Alasannya, busana tersebut melanggar hukum sekuler Prancis yang ketat di bidang pendidikan.

“Tidak mungkin lagi mengenakan abaya di sekolah,” kata Menteri Pendidikan Gabriel Attal mengatakan kepada stasiun televisi TF1, yang dilansir AFP, Senin (28/8/2023).

Menteri Attal mengatakan dia akan memberikan peraturan yang jelas di tingkat nasional kepada para kepala sekolah menjelang dimulainya kembali kelas secara nasional mulai 4 September.

Langkah ini dilakukan setelah berbulan-bulan perdebatan mengenai penggunaan abaya di sekolah-sekolah Prancis, di mana perempuan telah lama dilarang mengenakan jilbab.

Kelompok kanan dan sayap kanan telah mendorong pelarangan tersebut, yang menurut kelompok kiri akan melanggar kebebasan sipil.

Ada laporan tentang semakin banyaknya penggunaan abaya di sekolah dan ketegangan di sekolah terkait masalah antara guru dan orang tua.



“Sekulerisme berarti kebebasan untuk membebaskan diri melalui sekolah,” kata Attal, sambil menggambarkan abaya sebagai isyarat keagamaan, yang bertujuan untuk menguji perlawanan republik terhadap perlindungan sekuler yang harus dimiliki sekolah.

“Masuk ke dalam kelas, tidak boleh bisa mengidentifikasi agama siswa hanya dengan melihatnya,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)