7 Fakta Coxs Bazar Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Hidup Tanpa Status Kewarganegaraan di Negara Orang

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 21:35 WIB
loading...
A A A
Awal tahun ini, Bangladesh dan Myanmar mengumumkan proyek percontohan untuk memulangkan sekitar 1.100 orang ke Myanmar, meskipun PBB menyatakan kondisinya tidak tepat.

“Bangladesh frustrasi dengan beban yang mereka tanggung sebagai tuan rumah, namun mengembalikan pengungsi ke bawah kendali junta Myanmar yang kejam hanya akan memicu eksodus yang menghancurkan,” kata Human Rights Watch dalam sebuah pernyataan pada bulan Mei.

“Pemerintah Myanmar tidak menerima kami kembali ke negara kami dengan martabat, kewarganegaraan, atau hak yang layak kami dapatkan. Ada banyak orang tua, laki-laki dan perempuan yang selalu berbicara tentang bagaimana suatu hari nanti, ‘kita akan bisa kembali ke negara kita sendiri dengan hak-hak kita’", kata Abdumonab.

“Itulah mengapa kesehatan mental kaum muda, orang lanjut usia, dan anak-anak sangat berdampak pada mereka, karena sebagian besar pengungsi di sini tidak memiliki pekerjaan, tidak ada sumber penghasilan, mereka tidak dapat menghidupi keluarga, mereka tidak dapat' mereka tidak bisa pergi ke mana pun, mereka tidak bisa kembali ke negaranya sendiri.”
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)