7 Fakta Coxs Bazar Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Hidup Tanpa Status Kewarganegaraan di Negara Orang

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 21:35 WIB
loading...
7 Fakta Coxs Bazar Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Hidup Tanpa Status Kewarganegaraan di Negara Orang
Kondisi pengungsi muslim Rohingya di Coxs Bazar sangat memprihatinkan. Foto/Al Jazeera
A A A
BANGLADESH - Enam tahun setelah kekejaman brutal junta militer Myanmar , kondisi kehidupan terkini di kamp pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar yang sangat memprihatinkan.

Kamp pengungsi Cox’s Bazar di tenggara Bangladesh menyatukan lebih dari 30 kamp yang terbuat dari bambu dan terpal darurat. Keluarga-keluarga tinggal di lingkungan yang kompak, menggunakan toilet umum dan fasilitas air.

Digambarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai “minoritas yang paling teraniaya di dunia”, kondisi kelangsungan hidup warga Rohingya di Bangladesh adalah akibat dari dampak buruk alam dan kehidupan di kamp.

Berikut adalah 7 fakta tentang Cox’s Bazar, kamp pengungsi terbesar di dunia.

1. Hidup Tanpa Kewarganegaraan

7 Fakta Coxs Bazar Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Hidup Tanpa Status Kewarganegaraan di Negara Orang

Foto/Al Jazeera

Rohingya adalah kelompok etnis yang sebagian besar beragama Islam yang telah tinggal di Myanmar yang mayoritas penduduknya beragama Buddha selama berabad-abad.

Mereka telah menghadapi penganiayaan di tangan militer sejak negara tersebut merdeka pada akhir tahun 1940an. Pada tahun 1982, undang-undang kewarganegaraan mengecualikan Rohingya sebagai salah satu dari 135 kelompok etnis resmi di Myanmar dan melarang mereka mendapatkan kewarganegaraan, yang secara efektif menjadikan mereka tidak memiliki kewarganegaraan.

Akibatnya, keluarga-keluarga Rohingya tidak mendapatkan hak dan perlindungan dasar, sehingga membuat mereka rentan terhadap eksploitasi, kekerasan dan pelecehan seksual dan berbasis gender.

Pada tanggal 25 Agustus 2017, militer Myanmar melancarkan tindakan keras terhadap mayoritas Muslim Rohingya di negara tersebut, yang menyebabkan lebih dari 700.000 pengungsi mengungsi ke negara tetangga Bangladesh.

2. Satu Juta Pengungsi Rohingya Tinggal di Kamp

7 Fakta Coxs Bazar Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Hidup Tanpa Status Kewarganegaraan di Negara Orang

Foto/Al Jazeera

Pada Juli 2023, setidaknya 931.960 pengungsi Rohingya tinggal di 33 kamp di distrik perbatasan Cox’s Bazar Bangladesh. Jaringan kamp yang luas, yang rentan terhadap tanah longsor, mencakup wilayah kecil sekitar 24 kilometer persegi.

Hal ini menjadikan Cox’s Bazar salah satu kamp pengungsi terpadat di dunia dan 1,5 kali lebih banyak penduduknya dibandingkan Dhaka, kota terpadat di dunia.

Sebanyak 30.456 pengungsi tambahan berada di kamp Bhasan Char – sebuah pulau lumpur terpencil di Teluk Benggala yang didirikan pada Desember 2020 oleh pemerintah Bangladesh.

Sebagai pengungsi, kami tidak senang hidup dalam situasi seperti ini - tidak ada tempat tinggal yang layak, tidak ada makanan yang layak, tidak ada pendidikan yang layak dan tidak ada fasilitas yang layak bagi manusia.

3. Berlindung di Rumah Bambu

7 Fakta Coxs Bazar Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Hidup Tanpa Status Kewarganegaraan di Negara Orang

Foto/Al Jazeera

Terdapat hampir 200.000 keluarga yang tinggal di tempat penampungan yang terbuat dari bambu dan terpal. Badan-badan bantuan seperti Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), PBB dan Komite Internasional untuk Palang Merah (ICRC) menyediakan bahan-bahan bagi para pengungsi untuk membangun tempat penampungan mereka sendiri dengan menggunakan bambu yang diperoleh secara lokal.

Namun, tempat penampungan sementara ini tidak banyak memberikan perlindungan terhadap hujan deras, banjir, dan tanah longsor.

“Saya terkena dampak banjir tahun lalu,” kata Abdumonab kepada Al Jazeera. “Hujan deras terjadi pada malam hari. Ada saluran air di samping tempat berlindung saya, tetapi air masuk melalui semua saluran air. Airnya tidak bisa mengalir… jadi masuk ke tempat penampungan saya dan kemudian ketinggian air mencapai gigi saya."

Abdumonab membutuhkan waktu dua hari untuk membersihkan air dari tempat penampungan tempat dia tinggal bersama istri, anak perempuannya, ibu dan saudara-saudaranya.

Menurut Dewan Pengungsi Norwegia (NRC), satu tempat penampungan yang terbuat dari bambu dan terpal menghabiskan biaya sekitar USD1.200, namun tempat penampungan ini sering kali harus dibangun kembali karena kerusakan yang disebabkan oleh hujan lebat di musim hujan.

4. Tidak Ada Privasi

7 Fakta Coxs Bazar Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Hidup Tanpa Status Kewarganegaraan di Negara Orang

Foto/Al Jazeera

“Dari skala makro, Anda melihat satu juta orang berada di kamp-kamp dan ingatlah bahwa kamp-kamp ini dimaksudkan untuk sementara. Dan pembatasan yang diberlakukan terhadap para pengungsi dan masyarakat Rohingya adalah bahwa mereka semua hanyalah bangunan sementara. Jadi mereka tinggal di tempat penampungan bambu selama enam tahun terakhir dan hidup di balik kawat berduri.” Arunn Jegan, Kepala Misi Bangladesh di Medecins Sans Frontieres (MSF) mengatakan kepada Al Jazeera.

Jegan juga berbicara kepada Al Jazeera tentang masalah privasi dan keamanan yang timbul akibat tinggal di tempat penampungan kecil tersebut.

“Jika Anda bisa membayangkan 5 sampai 6 orang tinggal di sebuah shelter bambu kecil, maka tidak ada banyak privasi bagi perempuan dan itulah salah satu alasan mengapa mereka mungkin juga merupakan orang-orang yang paling terkena dampak di kamp ini.

5. Sanitasi yang Sangat Buruk

7 Fakta Coxs Bazar Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Hidup Tanpa Status Kewarganegaraan di Negara Orang

Foto/Al Jazeera

Kondisi tempat tinggal yang sempit juga menyebabkan sanitasi yang buruk dan penyebaran penyakit.

Hero, yang bekerja sebagai relawan kemanusiaan mengatakan kepada Al Jazeera bahwa banyak orang di setiap keluarga menderita demam berdarah dan penyakit lain termasuk penyakit yang ditularkan melalui air dan infeksi kulit karena kurangnya kebersihan dan akses terhadap air dan sanitasi yang layak.

Menurut standar UNHCR, toilet umum tidak boleh dipakai bersama oleh lebih dari 20 orang selama fase darurat di kamp. Namun, pada akomodasi jangka panjang, satu jamban harus diperuntukkan bagi satu keluarga (4-6 orang).

Sembilan belas dari 33 kamp di Cox’s Bazar beroperasi di luar pedoman PBB.

Kamp pengungsi Kutupalong memiliki kondisi terburuk. Di sana, setiap toilet digunakan bersama oleh rata-rata 54 orang.

Ilustrasi di bawah ini membandingkan jumlah orang per jamban di 33 kamp.
“Kami melakukan survei baru-baru ini…dan ternyata banyak toilet yang meluap, tidak dapat digunakan karena tidak memiliki penerangan yang memadai. Jadi meski infrastrukturnya sudah ada, fasilitasnya sendiri belum memadai,” kata Jegan kepada Al Jazeera.

6. Sumber Air yang Kurang

Sementara air dari pompa sangat penting bagi kesejahteraan warga Rohingya. Mereka dihadapkan pada sumber air yang lebih buruk ketika musim hujan dimulai. Banjir dan tanah longsor membuat banyak fasilitas dasar tidak berguna, sementara ketakutan yang sangat besar terhadap dampak curah hujan membayangi banyak orang.

“Banyak sekali orang yang bahkan tidak bisa tidur di malam hari karena air. Keluarga [takut] anak-anak mereka akan meninggal karena sebagian besar masyarakat yang tinggal di daerah tinggi [menghadapi tanah longsor],” kata Abdumonab kepada Al Jazeera.

Terkait sumber air, 22 dari 33 kamp beroperasi sesuai standar PBB yaitu satu pasokan air untuk setiap 80 orang. Namun, dua kubu khususnya, yaitu Kamp 22 dan kubu Nayapara, melampaui standar tersebut dengan faktor lebih dari 10.

“Salah satu hal yang paling penting bagi kesehatan dan kesejahteraan mental seseorang adalah akses terhadap air, yang membantu mereka membersihkan diri, membantu mereka memiliki kehidupan yang bermartabat, membantu mereka memasak, bersih-bersih… dan ketika kekurangan air, hal ini menimbulkan masalah. bagi orang-orang yang berusaha mati-matian untuk bertahan hidup dan berusaha untuk bertahan dalam kondisi yang sangat sulit yang harus mereka tanggung,” jelas Jegan.

7. Rindu Kampung Halaman di Myanmar

7 Fakta Coxs Bazar Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia, Hidup Tanpa Status Kewarganegaraan di Negara Orang

Foto/Al Jazeera

Sebagian besar beban mental yang dihadapi para pengungsi berakar pada ketidakpastian situasi mereka dan ketidakpastian untuk dapat kembali ke rumah mereka.

Setiap orang punya harapan untuk pulang kampung, lho. Jadi semua orang mengatakan bahwa 'harapan kami adalah rumah kami' tetapi hal itu tidak terjadi. Repatriasi tidak terjadi. Sekarang sudah enam tahun.

Awal tahun ini, Bangladesh dan Myanmar mengumumkan proyek percontohan untuk memulangkan sekitar 1.100 orang ke Myanmar, meskipun PBB menyatakan kondisinya tidak tepat.

“Bangladesh frustrasi dengan beban yang mereka tanggung sebagai tuan rumah, namun mengembalikan pengungsi ke bawah kendali junta Myanmar yang kejam hanya akan memicu eksodus yang menghancurkan,” kata Human Rights Watch dalam sebuah pernyataan pada bulan Mei.

“Pemerintah Myanmar tidak menerima kami kembali ke negara kami dengan martabat, kewarganegaraan, atau hak yang layak kami dapatkan. Ada banyak orang tua, laki-laki dan perempuan yang selalu berbicara tentang bagaimana suatu hari nanti, ‘kita akan bisa kembali ke negara kita sendiri dengan hak-hak kita’", kata Abdumonab.

“Itulah mengapa kesehatan mental kaum muda, orang lanjut usia, dan anak-anak sangat berdampak pada mereka, karena sebagian besar pengungsi di sini tidak memiliki pekerjaan, tidak ada sumber penghasilan, mereka tidak dapat menghidupi keluarga, mereka tidak dapat' mereka tidak bisa pergi ke mana pun, mereka tidak bisa kembali ke negaranya sendiri.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0830 seconds (0.1#10.140)