Rusia Tak Sudi Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Ukraina

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 07:39 WIB
loading...
Rusia Tak Sudi Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Ukraina
Orang-orang bersolidaritas dengan merayakan Hari Kemerdekaan Ukraina di Belgrade, Serbia, 24 Agustus 2023. Rusia menolak mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Ukraina. Foto/REUTERS/Zorana Jevtic
A A A
MOSKOW - Rusia menolak untuk mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan Ukraina yang jatuh pada Kamis (24/8/2023). Penolakan ini disampaikan ketika perang antara kedua negara terus berkecamuk.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan tidak ada alasan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Ukraina.

Menurutnya, kebijakan Kyiv setelah kudeta Maidan tahun 2014 telah membuat Ukraina berada di tangan Washington dan sekutunya serta mengorbankan kepentingan nasional negara tersebut demi kepentingan Barat.

Nebenzia mengatakan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya telah merencanakan perang proksi melawan Rusia sejak tahun 2014 dan kudeta Maidan berperan tepat dalam rencana tersebut.



"Saat ini, baik Washington, London, maupun Brussels tidak tertarik untuk menghentikan konflik tersebut," kata Nebenzia, seraya menambahkan bahwa pendukung Barat-nya Kyiv mencegah Ukraina untuk mencapai kesepakatan damai yang hampir disepakati dengan Rusia pada Maret 2022.

Diplomat Rusia itu mengatakan Ukraina modern adalah negara yang menganiaya orang-orang karena perbedaan pendapat.

"Kami mengetahui puluhan ribu warga Ukraina ditangkap hanya karena mengunjungi situs web Rusia atau mendengarkan musik Rusia di ponsel mereka,” katanya.

"Apa pun yang terkait dengan Rusia telah dilarang di Ukraina jauh sebelum dimulainya operasi khusus [Rusia]," ujarnya, merujuk pada perang di Ukraina saat ini, seperti dikutip Russia Today, Jumat (25/8/2023).

Diplomat tersebut juga merujuk pada penganiayaan terhadap Gereja Ortodoks Kanonik Ukraina (UOC), yang gereja dan biaranya disita atas perintah pejabat Ukraina di tengah konflik yang sedang berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)