4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 00:28 WIB
loading...
4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin
Wagner akan memiliki tampilan dan manajemen baru. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Tidak seperti sekutu Vladimir Putin lainnya yang lebih memilih untuk tidak menonjolkan diri, Yevgeny Prigozhin adalah seorang yang cerewet.

Selama berbulan-bulan sebelum pemberontakan, dia mengecam para petinggi Rusia.

Dan setelah itu, ribuan pejuang utama Wagner pindah ke kamp yang dibangun dengan tergesa-gesa di hutan Belarusia.

Beberapa di antaranya terlihat di dekat Celah Suwalki dekat perbatasan Polandia-Lithuania yang memisahkan Belarus dari Kaliningrad, eksklave Baltik Rusia.

Mengenai kematian Prigozhin memang sudah diprediksi banyak pihak setelah dia melakukan kudeta. Kepala CIA William Burns meramalkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin akan meluangkan waktu untuk membalas dendam.

“Apa yang kami lihat adalah sebuah tarian yang sangat rumit,” kata Burns di Forum Keamanan Aspen pada bulan Juli. “Putin adalah orang yang paling bertanggung jawab atas pembalasan.”

Meskipun detail mengenai apa yang sebenarnya terjadi masih belum jelas setelah kematian bos tentara bayaran tersebut dalam kecelakaan pesawat, yang jelas adalah bahwa Wagner – organisasi tentara bayaran yang dibangun Prigozhin – pada dasarnya telah dipotong-potong terlebih dahulu dan kemudian dipenggal secara dramatis.

Berikut adalah 4 skenario masa depan tentara bayaran Wagner.

1. Menampilkan Wagner dengan Wajah Baru

4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin

Foto/Reuters

"Jadi, Putin mungkin mengikuti contoh bos mafia sinematik Michael Corleone dengan membalas dendam dengan dingin," kata seorang aktivis oposisi Rusia, Sergey Bizyukin.

“Prigozhin direlokasi dari negara itu. Dalam waktu dua bulan, mereka mendistribusikan kembali asetnya, memeriksa semua rantai kontak, dan mengganti segala sesuatu di sistem yang memerlukan penggantian. Dan sekarang singkirkan saja [Prigozhin dan para letnan utamanya],” kata Sergey Bizyukin kepada Al Jazeera.

“Saya tidak tahu apakah [Prigozhin] mempunyai kesempatan untuk bertahan di Belarusia, tapi itu adalah satu-satunya kesempatan kecilnya” untuk bertahan hidup, kata Bizyukin.

2. Tetap Berperang di Ukraina dan Afrika

4 Skenario Masa Depan Wagner, Tampil Wajah Baru dan Dikendalikan Penuh oleh Putin

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)