Apa Keuntungan Putin dengan kematian Prigozhin dalam Kecelakaan Pesawat?

Kamis, 24 Agustus 2023 - 23:03 WIB
loading...
Apa Keuntungan Putin dengan kematian Prigozhin dalam Kecelakaan Pesawat?
Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki banyak keuntungan dengan kematian bos Wagner. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Yevgeny Prigozhin, bos tentara bayaran Wagner yang bermulut besar dan mendalangi pemberontakan terhadap Kremlin, belum secara resmi dinyatakan meninggal.

Pihak berwenang Rusia belum mengkonfirmasi melalui tes DNA bahwa jenazah pria berusia 62 tahun itu termasuk di antara sisa-sisa 10 orang yang hangus dan hancur yang ditemukan di puing-puing jet pribadi yang jatuh 350 km (217 mil) barat laut Moskow pada Rabu malam.

‘Namun Prigozhin terdaftar sebagai salah satu penumpang pesawat tersebut – bersama dengan pendiri perusahaan dan simpatisan neo-Nazi Dmitry Utkin.

Sedikit yang meragukan dugaan kematian Prigozhin, yang terjadi tepat dua bulan setelah “pawai keadilan” pada tanggal 23 Juni, begitu ia menyebutnya, ribuan pejuang terbaik Wagner menuju Moskow. Pemberontakan tersebut menimbulkan kepanikan di Kremlin dan dilaporkan memaksa Presiden Rusia Vladimir Putin meninggalkan Moskow.



Pemberontakan ini dipicu oleh konflik selama berbulan-bulan dengan Kementerian Pertahanan Rusia yang menunda atau menyabotase pasokan amunisi ke Wagner di garis depan Ukraina tenggara.

Pawai tersebut berhenti hanya 200 km di selatan Moskow setelah Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menjanjikan Prigozhin dan seluruh warga Wagner tempat yang aman di negara bekas Soviet yang berhutan dan berbatasan dengan Ukraina.

Seorang pakar terkemuka di Wagner yakin bahwa Prigozhin sudah mati.

“Saya telah mendengar dari sumber di Wagner yang dekat dengannya bahwa hal itu mungkin benar,” John Lechner, seorang reporter investigasi di Amerika Serikat yang sedang menulis buku tentang Prigozhin yang merangkum penelitian selama bertahun-tahun, mengatakan kepada Al Jazeera tak lama setelah media Rusia melaporkan hal tersebut kecelakaan pesawat.

Al Jazeera tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)