Putin: BRICS Tegas di Arena Global, Bela Kepentingan Mayoritas Dunia

Rabu, 23 Agustus 2023 - 18:40 WIB
loading...
A A A
Dia menekankan negara-negara BRICS harus memperluas penyelesaian dalam mata uang nasional dan meningkatkan kerja sama antar bank.

“Kami akan berkontribusi pada implementasi lebih lanjut strategi kemitraan ekonomi BRICS secara komprehensif hingga tahun 2025 dan pengembangan pedoman jangka panjang yang baru. Di antaranya, kami melihat perlunya meningkatkan peran negara-negara kami dalam sistem moneter dan keuangan internasional, pengembangan kerja sama antarbank, perluasan penggunaan mata uang nasional dan pendalaman kerja sama antara otoritas pajak, bea cukai, dan antimonopoli,” papar Putin pada sesi pleno KTT BRICS di Afrika Selatan.

KTT BRICS Tahun Depan


Rusia akan memimpin BRICS tahun depan dan akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin di kota Kazan pada Oktober, menurut Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu.

“Tahun depan, kepemimpinan BRICS akan diserahkan ke Rusia... Kami merencanakan sekitar 200 acara politik, ekonomi dan sosial, yang akan diselenggarakan di selusin kota di Rusia. Pada saat yang sama, kami berencana mengadakan pertemuan puncak BRICS di Oktober 2024 di Kazan,” ujar Putin pada sesi pleno KTT BRICS di Afrika Selatan.

Tanggal tertentu akan disepakati melalui saluran diplomatik, menurut dia.

Putin juga mengundang negara-negara BRICS untuk mengambil bagian dalam forum kebudayaan internasional yang rencananya akan diadakan di St Petersburg pada 16-18 November, karena acara tersebut dapat menjadi platform dialog tentang masa depan kebudayaan di dunia.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)