5 Aksi Mogok Makan Terlama dalam Sejarah, Salah Satunya Berlangsung 10 Tahun

Minggu, 20 Agustus 2023 - 18:25 WIB
loading...
A A A
Pemogokan mulai meningkatkan daya tarik dan popularitas Singh sehingga pemerintah Inggris berusaha untuk berbuka puasa sendiri dengan menempatkan mangkuk berisi makanan di selnya, tetapi dia bertekad dan tidak pernah menyentuhnya.

Singh akhirnya mengakhiri pemogokannya pada tanggal 5 Oktober 1929.

5. Irom Chanu Samilla (10 Tahun)

5 Aksi Mogok Makan Terlama dalam Sejarah, Salah Satunya Berlangsung 10 Tahun

Foto/Wikipedia

Dikenal sebagai Iron Lady of Manipurâ dan memegang rekor luar biasa sebagai penyerang kelaparan terlama di dunia, Irom Chanu Samilla kelahiran India secara luar biasa tidak menelan makanan atau air secara sukarela selama lebih dari 500 minggu, hanya bertahan hidup dengan infus pemerintah telah dipasang untuk membuatnya tetap hidup.

Guardian melaporkan bahwa dia kerap menelan madu untuk bertahan hidup.

Irom memulai kampanyenya yang mencengangkan pada tanggal 5 November 2000 setelah sepuluh warga sipil tak bersenjata diduga dibunuh oleh tentara India di Manipur, sebagai akibat dari tindakan kekuatan khusus Angkatan Bersenjata India, yang memberi militer India kekuatan untuk menembak jika mereka merasakannya.

Irom ditangkap tiga hari setelah pemogokannya, karena di India mencoba bunuh diri yang merupakan pelanggaran hukum, jadi dia dipaksa diinfus agar tetap hidup. Namun, segera setelah kesehatannya pulih dan dibebaskan dari tahanan, Irom mulai mogok makan lagi, yang akhirnya menyebabkan dia dipenjara tanpa batas waktu.

Hebatnya, Irom tidak makan atau minum atas kemauannya sendiri sampai 26 Juli 2016, 500 minggu penuh sejak dia mulai. Saat itu Irom mengumpulkan dukungan besar-besaran di seluruh dunia dan bahkan memenangkan penghargaan pencapaian seumur hidup dari komisi Hak Asasi Manusia Asia.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)