5 Aksi Mogok Makan Terlama dalam Sejarah, Salah Satunya Berlangsung 10 Tahun

Minggu, 20 Agustus 2023 - 18:25 WIB
loading...
A A A
Lahir di Irlandia pada tahun 1954, Bobby Sands tumbuh menjadi salah satu tokoh paling terkenal dalam sejarah Irlandia.

Pada tahun 1972 Bobby bergabung dengan IRA Sementara, dan setelah dibebaskan dari penjara pada tahun 1976 setelah menjalani hukuman karena memiliki empat pistol, dia kembali ke keluarganya di Belfast Barat di mana dia merencanakan Pengeboman Perusahaan Furnitur Balmoral di Dunmurry.

Baku tembak berikutnya menyebabkan dua geng terluka. Sands dan anggota kelompok lainnya melarikan diri dari tempat kejadian tetapi segera ditangkap dan dijatuhi hukuman 14 tahun karena memiliki senjata api. Sands adalah tahanan yang mengganggu, dan setelah keributan menghabiskan 22 hari di sel tanpa furnitur, dia telanjang dan menjalani diet Kelaparan. Hal ini menyebabkan gangguan lebih lanjut, termasuk “protes kotor”, ketika para tahanan menolak untuk mencuci dan melumuri dinding sel mereka dengan kotoran.

Pada tahun 1981 Sands mengatur mogok makan, bersama dengan sembilan tahanan republik Irlandia lainnya untuk memprotes penghapusan Status Kategori Khusus, sebuah perjanjian yang memberikan hak istimewa khusus kepada tahanan yang dihukum karena masalah terkait pelanggaran seperti tidak harus memakai seragam, tidak harus bekerja, kunjungan tambahan.

Meskipun pemogokan mendapatkan perhatian dunia, dan Sands terpilih sebagai Anggota Parlemen selama waktu ini, pada akhirnya dia dan sembilan orang lainnya kehilangan nyawa mereka. Setelah 66 hari tanpa menerima makanan, Sands meninggal karena kelaparan.

Kematian Sand menyebabkan kerusuhan di wilayah nasionalis Irlandia Utara, menyebabkan kematian dua orang. Dan pada saat kematian Sands, Perdana Menteri Inggris berkata, “Tuan Sands adalah seorang penjahat yang dihukum.

Dia memilih untuk mengambil nyawanya sendiri. Itu adalah pilihan yang tidak diizinkan oleh organisasinya bagi banyak korbannya.” Tindakan Sand membagi pendapat, meskipun dikatakan pemogokan tersebut meradikalisasi politik nasionalis Irlandia dan benar atau salah adalah kekuatan pendorong yang memungkinkan Sinn Féin menjadi partai politik arus utama.

4. Bhagat Singh (116 Hari)

5 Aksi Mogok Makan Terlama dalam Sejarah, Salah Satunya Berlangsung 10 Tahun

Foto/Wikipedia

Bhagat Singh adalah warga negara India yang lahir pada tahun 1931 di sebuah distrik yang dimiliki oleh kerajaan kolonial Inggris.

Singh terlibat dalam gerakan kemerdekaan India, yang didedikasikan untuk mengakhiri kekuasaan Inggris atas India. Dia berkomitmen untuk tujuan tersebut, yang menyebabkan beberapa tugas di penjara.

Namun, ketika dia dipenjara karena dugaan pembunuhan Saunders dan Channan Singh, dia melakukan mogok makan, dan mulai menuntut standar pakaian dan kebersihan yang lebih baik di dalam penjaranya, serta untuk kerja manual harian yang terpaksa dilakukan oleh para tahanan. untuk diakhiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)