F-16 Tak Cukup, Zelensky Minta Jet Tempur Gripen dari Swedia

Minggu, 20 Agustus 2023 - 14:04 WIB
loading...
F-16 Tak Cukup, Zelensky Minta Jet Tempur Gripen dari Swedia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta Swedia untuk memberikan jet tempur Gripen guna membantu pertahanan negaranya. Foto/Ilustrasi
A A A
STOCKHOLM - Ukraina telah mulai berdiskusi dengan Swedia terkait kemungkinan menerima jet tempur Gripen untuk meningkatkan pertahanan udaranya. Hal itu diungkapkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky setelah bertemu dengan Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson.

Kunjungan Zelensky adalah yang pertama ke Swedia sejak invasi Rusia pada Februari 2022 dan pembicaraan tentang mendapatkan jet tempur Gripen, yang dia anggap sebagai pendahuluan, setelah Amerika Serikat (AS) memberikan lampu hijau bagi Denmark dan Belanda untuk mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina.

“Hari ini kami membahas secara rinci langkah-langkah ke depan mengenai kemungkinan membuka subjek penerimaan (jet tempur) Gripen Swedia,” kata Zelensky pada jumpa pers bersama dengan Kristersson seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (20/8/2023).

Ia menambahkan bahwa topik tersebut akan menjadi pusat pertemuannya dengan pejabat Swedia lainnya.



Pada bulan Juni, pemerintah Swedia mengatakan akan memberi pilot Ukraina kesempatan untuk menguji jet tempur Gripen buatan SAAB, perusahaan pesawat Swedia. Namun, negara Nordik itu juga mengatakan bahwa mereka membutuhkan semua pesawatnya untuk mempertahankan wilayah Swedia.

Zelensky juga mengatakan pada hari Sabtu bahwa pilot Ukraina telah memulai pelatihan pesawat.

Kristersson tidak menyebutkan soal jet tempur Gripens dalam pidatonya, tetapi mengutuk serangan rudal Rusia di kota Chernihiv Ukraina pada hari Sabtu yang menewaskan tujuh orang dan melukai 90 lainnya.

“Itu hanya memperkuat kebutuhan kami untuk mendukung Anda dalam semua perjuangan Anda,” kata Kristersson.

Ukraina dan Swedia juga menandatangani perjanjian yang akan membuat Ukraina memulai produksi kendaraan tempur CV90 Swedia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3073 seconds (0.1#10.140)