Semakin Mesra, Menlu Iran Bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:37 WIB
loading...
Semakin Mesra, Menlu Iran Bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi
Hubungan Iran dan Arab Saudi semakin mesra dengan kunjugangan Menteri Luar Negeri Teheran ke Riyadh. Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian telah bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di kota Jeddah. Begitu laporan saluran berita Iran Press TV pada Jumat (18/8/2023).

Laporan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang pertemuan mereka seperti dikutip dari Al Arabiya.

Amir-Abdollahian tiba di Arab Saudi pada hari Kamis, menandai kunjungan pertamanya ke Kerajaan setelah pembentukan kembali hubungan diplomatik antara Riyadh dan Teheran.

Menlu Iran bertemu dengan mitranya dari Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, di Riyadh.



Setelah pertemuan mereka, Amir-Abdollahian mengatakan selama konferensi pers bersama dengan Pangeran Faisal bahwa hubungan dengan Arab Saudi bergerak ke arah yang benar dan menekankan bahwa negaranya bertekad untuk memperkuat hubungan dengan Kerajaan.

Sementara Pangeran Faisal mengatakan bahwa Arab Saudi berharap untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Iran, mencatat bahwa hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Iran menandai momen penting untuk keamanan regional.

Di bawah kesepakatan yang ditandatangani pada bulan Maret, Arab Saudi dan Iran setuju untuk membuka kembali kedutaan dan konsulat di wilayah masing-masing dan menerapkan perjanjian kerja sama keamanan dan ekonomi yang ditandatangani lebih dari 20 tahun yang lalu.

Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Iran pada 2016 menyusul serangan pengunjuk rasa pro-rezim di kedutaannya di Teheran dan konsulat di Mashhad.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)