Kapal Perang Rusia dan China Dekati Pulau-pulau Jepang Jelang KTT Tiga Negara

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Ditambahkan bahwa Tokyo telah menyampaikan keprihatinannya tentang kegiatan bersama ini melalui saluran diplomatik.

Hubungan Jepang dengan Rusia telah memburuk sejak invasi besar-besaran Moskow ke Ukraina dimulai 18 bulan lalu. Tokyo telah bergabung dengan sekutu Baratnya dalam menjatuhkan sanksi terhadap Moskow dan menjanjikan miliaran bantuan kemanusiaan untuk Kiev.



Sementara itu, China telah memperkuat hubungan politik dan ekonomi dengan Rusia, meskipun tetap mempertahankannya sebagai pihak netral dalam konflik dan pendukung perdamaian.

Insiden itu terjadi menjelang KTT trilateral pertama antara Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Korea Selatan (Korsel), dengan para pemimpin ketiga negara akan bertemu di tempat peristirahatan presiden AS, Camp David, Jumat. Di sana, mereka diharapkan setuju untuk memperdalam kerja sama pertahanan, teknologi, dan ekonomi, menurut pejabat senior pemerintahan Biden.

KTT tersebut juga akan berfungsi sebagai unjuk kekuatan saat negara-negara bergulat dengan tantangan keamanan yang mencakup perilaku provokatif dari Korea Utara dan manuver militer oleh China yang sedang bangkit.

Pertemuan tersebut sangat penting mengingat hubungan bersejarah antara Seoul dan Tokyo, termasuk perselisihan antara kedua negara mengenai kerja paksa oleh Jepang selama pendudukannya di Korea.

Namun kedua pemimpin saat ini – Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Korea Yoon Suk Yeol – telah melakukan upaya untuk bekerja sama lebih erat dalam menghadapi ancaman regional bersama, bahkan melakukan latihan militer bersama dengan AS tahun lalu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)