AS dan Jepang Bakal Kembangkan Senjata Pencegat Rudal Hipersonik Musuh

Minggu, 13 Agustus 2023 - 14:10 WIB
loading...
AS dan Jepang Bakal Kembangkan Senjata Pencegat Rudal Hipersonik Musuh
Amerika Serikat dan Jepang akan mengembangkan senjata pencegat rudal hipersonik musuh. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia
A A A
TOKYO - Jepang dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan akan membuat kesepakatan untuk bersama-sama mengembangkan misil pencegat untuk melawan rudal hipersonik musuh.

Surat kabar Yomiuri, pada Minggu (13/8/2023), mengungkap potensi kesepakatan tersebut. Senjata yang dikembangkan, lanjut laporan itu, akan fokus mengatasi ancaman rudal hipersonik yang telah dikembangkan oleh China, Rusia dan Korea Utara.

Laporan itu menambahkan, kesepakatan diharapkan terjadi ketika Presiden Joe Biden bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di AS pada hari Jumat mendatang.



Pejabat di Kementerian Luar Negeri Jepang tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar di luar jam kerja.

Tidak seperti hulu ledak balistik biasa yang terbang pada lintasan yang dapat diprediksi saat jatuh dari luar angkasa ke targetnya, proyektil hipersonik dapat mengubah arah, membuatnya lebih sulit untuk dicegat atau ditargetkan oleh sistem pertahanan udara.

Biden dan Kishida akan bertemu di sela-sela pertemuan puncak trilateral dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol di retret presiden di Camp David, Maryland.

AS dan Jepang sepakat pada Januari untuk mempertimbangkan pengembangan senjata pencegat rudal hipersonik pada pertemuan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin dengan mitra Jepang mereka, Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi dan Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada.

Kesepakatan, jika tercapai, akan menjadi kolaborasi kedua dalam teknologi pertahanan rudal.

Washington dan Tokyo sebelumnya telah mengembangkan rudal jarak jauh yang dirancang untuk menghantam hulu ledak di luar angkasa, yang dikerahkan Jepang di kapal perang di laut antara Jepang dan semenanjung Korea untuk menjaga dari serangan rudal Korea Utara.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)