Pesawat Militer China dan AS Terlibat Insiden Berbahaya di LCS

Jum'at, 10 Februari 2017 - 17:16 WIB
Pesawat Militer China dan AS Terlibat Insiden Berbahaya di LCS
Pesawat Militer China dan AS Terlibat Insiden Berbahaya di LCS
A A A
WASHINGTON - Sebuah pesawat jenis P-3 milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan pesawat militer China terlibat insiden berbahaya yang tidak disengaja di Laut China Selatan (LCS). Keduanya terbang dalam jarak yang begitu dekat, kata pejabat AS.

Pejabat itu mengatakan kedua pesawat terbang dalam jarak 305 meter di sekitar Scarborough Shoal, antara Filipina dan China. Insiden itu terjadi pada hari Rabu lalu.

"Pada 8 Februari, sebuah interaksi yang dikategorikan oleh Komando Pasifik AS sebagai interaksi berbahaya terjadi di wilayah udara internasional di atas Laut China Selatan, antara pesawat China KJ-200 dan pesawat P-3C Angkatan Laut AS," kata pejabat itu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (10/2/2017).

Menurut Komando Pasifik AS, pesawat P-3C tengah menjalankan misi rutin yang beroperasi sesuai dengan hukum internasional. "Departemen Pertahanan dan AS Komando Pasifik selalu khawatir tentang interaksi yang tidak aman dengan pasukan militer China," kata Komando Pasifik AS dalam pernyataannya.

"Kami akan membahas masalah ini di saluran diplomatik dan militer yang tepat," tambahnya.

Sementara di Beijing, Kementerian Pertahanan China mengatakan pilotnya menanggapi insiden itu dengan langkah-langkah hukum dan profesional.

"Kami berharap pihak AS terus mengingat kondisi saat ini hubungan antara kedua negara dan militer, mengadopsi langkah-langkah praktis, dan mencegah terjadinya kecelakaan udara dan laut antara kedua negara," laporan Global Times mengutip seorang pejabat kementerian pertahanan yang tidak disebutkan namanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4334 seconds (0.1#10.140)