Al-Qaeda Serukan Balas Dendam Al-Quran Dibakar, Swedia Naikkan Tingkat Ancaman Teroris

Kamis, 17 Agustus 2023 - 21:49 WIB
loading...
A A A
Kepala Pusat Penilaian Ancaman Teroris Nasional, Ahn-Za Hagstrom, mengatakan pelanggaran kitab suci Islam dapat memengaruhi ancaman teror, menginspirasi dan memotivasi tindakan teror.

Itu terjadi setelah Inggris mengubah rekomendasi perjalanannya pada hari Minggu, dengan Kementerian Luar Negeri memperingatkan pengunjung.

“Teroris sangat mungkin mencoba melakukan serangan di Swedia. Anda harus mempertahankan tingkat kewaspadaan yang tinggi di ruang publik,” kata kementerian itu.



Masalah keamanan telah mendominasi diskusi publik dalam beberapa pekan terakhir setelah perdana menteri, Ulf Kristersson, memperingatkan bahwa undang-undang kebebasan berekspresi negara sedang dieksploitasi oleh pihak luar untuk menyebarkan "pesan kebencian".

Serangkaian protes pembakaran al-Quran, yang di bawah undang-undang kebebasan berekspresi yang sangat liberal di Swedia adalah legal, telah memicu perdebatan domestik tentang apakah harus ada batasan undang-undang semacam itu di antara mereka yang menganggap tindakan mereka sebagai kejahatan kebencian.

Pemerintah Swedia telah mengesampingkan perubahan undang-undang tetapi mengatakan sedang mempertimbangkan untuk mengubah undang-undang ketertiban umum untuk memungkinkan polisi menghentikan pembakaran al-Quran jika itu menimbulkan ancaman keamanan nasional.

Pada akhir Juli, Dinas Keamanan Swedia mengatakan sedang menangani ancaman serangan terhadap kepentingan Swedia dan Swedia secara berkelanjutan serta bahwa penodaan kitab suci dapat menimbulkan "efek yang menimbulkan ancaman". Sementara dikatakan bahwa peristiwa telah memperburuk keamanan negara, tingkat ancaman tetap pada tiga.

Sebelumnya kelompok teroris internasional, Al-Qaeda, mendesak para pendukungnya untuk melakukan serangan teror di Swedia dan Denmark sebagai balas dendam atas serangkaian pembakaran al-Quran di dua negara Nordik tersebut.

“Wahai umat Islam di Swedia, Denmark, dan seluruh Eropa, tugas balas dendam dibebankan kepada Anda,” demikian pernyataan As-Sahab Media Foundation, yang berfungsi sebagai pusat media al-Qaeda, sebagaimana dilansir The European Conservative.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2328 seconds (0.1#10.140)