Kibarkan Bendera, Ukraina Berhasil Rebut Desa di Donetsk

Rabu, 16 Agustus 2023 - 21:25 WIB
loading...
Kibarkan Bendera, Ukraina Berhasil Rebut Desa di Donetsk
Tentara Ukraina mengibarkan bendera negaranya di desa yang berhasil direbut kembali dari Rusia. Foto/CNN
A A A
KIEV - Ukraina mengatakan pasukannya telah berhasil merebut kembali desa Uroshaine di wilayah Donetsk timur, tempat pertempuran sengit terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Pasukan pertahanan Ukraina menguasai Uroshaine, dan mengkonsolidasikan posisi mereka," kata Andrii Kovaliov, juru bicara Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina, di televisi nasional pada Rabu (16/8/2023) pagi seperti dikutip dari CNN.

Urochaine, terletak sekitar 100 kilometer barat daya kota Donetsk yang diduduki Rusia, terletak di dekat desa Staromaiorske, yang direbut kembali oleh tentara Ukraina sekitar dua minggu lalu.

"Urozhaine dibebaskan," kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar di Telegram.



Setelah Ukraina mengklaim telah membebaskan desa Uroshaine di wilayah Donetsk timur, rekaman yang dirilis oleh pasukan Kiev dan geolokasi oleh CNN menunjukkan tentara mengibarkan bendera Ukraina di dekat tugu peringatan di desa yang didedikasikan untuk tentara Soviet yang bertempur dalam Perang Dunia II.

“Para anggota dinas Separate Marine Brigade ke-35 yang dinamai menurut Laksamana Muda Mykhailo Ostrohradskyi, bersama dengan rekan-rekan mereka dari Separate Marine Brigade ke-38 dan dengan partisipasi unit-unit lain dari Pasukan Pertahanan Ukraina, membebaskan pemukiman Urochaine lainnya di wilayah Donetsk sebagai bagian dari tindakan kontra-ofensif,” kata militer Ukraina saat membagikan video tersebut.

Pasukan Rusia di dalam Urozhine telah berada dalam situasi genting selama beberapa waktu, terutama sejak Ukraina merebut desa tetangga Staromaiorske kira-kira dua minggu lalu.

Tentara Rusia dan blogger militer yang terhubung dengan baik telah mengisyaratkan bahwa hanya masalah waktu sampai Uroshaine akan jatuh juga, mengingat pasukan Ukraina sejak itu dapat menyerangnya dari beberapa sisi.

(ian)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)
pixels