12 Musuh Presiden Putin yang Tewas, Jatuh dari Gedung hingga Ditembak Jarak Dekat

Rabu, 16 Agustus 2023 - 05:31 WIB
loading...
A A A
Dia berspesialisasi dalam mengungkap pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh negara Rusia di Chechnya.

Dia diculik pada tahun 2009 dari luar rumahnya dan kemudian ditemukan di hutan terdekat dengan luka tembak di kepalanya. Tidak ada yang dihukum atas pembunuhannya.

8. Stanislav Markelov dan Anastasia Baburova

Pengacara hak asasi manusia Stanislav Markelov mewakili Politkovskaya dan jurnalis lain yang mengkritik Putin.

Dia ditembak oleh seorang pria bersenjata bertopeng di dekat Kremlin pada tahun 2009. Wartawan Anastasia Baburova, yang sedang berjalan bersamanya, juga ditembak saat mencoba membantunya.

9. Alexander Litvinenko

Alexander Litvinenko adalah mantan agen KGB yang meninggal tiga minggu setelah minum secangkir teh pada tahun 2006 di sebuah hotel di London yang telah dicampur dengan polonium-210 yang mematikan.

Penyelidikan Inggris menemukan bahwa Litvinenko diracuni oleh agen FSB Andrei Lugovoi dan Dmitry Kovtun, yang merupakan seorang bertindak atas perintah yang "mungkin telah disetujui oleh Tuan Patrushev dan juga oleh Presiden Putin."

Litvinenko sangat kritis terhadap Putin, menuduhnya, antara lain, meledakkan sebuah blok apartemen dan memerintahkan pembunuhan jurnalis Anna Politkovskaya.

10. Anna Politkovskaya

Anna Politkovskaya adalah seorang jurnalis Rusia yang mengkritik Putin. Dalam bukunya "Putin's Russia", dia menuduh Putin mengubah negaranya menjadi negara polisi. Dia dibunuh pada tahun 2006 oleh pembunuh bayaran yang menembaknya dari jarak dekat di lift di luar flatnya.

Lima pria dihukum atas pembunuhannya, tetapi hakim menemukan bahwa itu adalah pembunuhan kontrak, dengan USD150.000 dibayar oleh "orang yang tidak dikenal".

11. Paul Klebnikov

Paul Klebnikov adalah pemimpin redaksi Forbes edisi Rusia. Dia telah menulis tentang korupsi dan menggali kehidupan orang kaya Rusia.

Dia terbunuh pada tahun 2004 dalam penembakan di jalan dalam pembunuhan kontrak yang jelas, menurut Komite untuk Melindungi Wartawan.

12. Sergey Yushenkov

Sergei Yushenkov adalah seorang politikus Rusia yang berusaha membuktikan bahwa negara Rusia berada di balik pengeboman sebuah blok apartemen.

BBC melaporkan, dia terbunuh pada tahun 2003 dalam sebuah pembunuhan dengan satu tembakan di dada hanya beberapa jam setelah organisasi politiknya, Rusia Liberal, diakui oleh Kementerian Kehakiman sebagai sebuah partai.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)