12 Musuh Presiden Putin yang Tewas, Jatuh dari Gedung hingga Ditembak Jarak Dekat

Rabu, 16 Agustus 2023 - 05:31 WIB
loading...
12 Musuh Presiden Putin yang Tewas, Jatuh dari Gedung hingga Ditembak Jarak Dekat
Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal sebagai pemimpin diktator yang kerap menghabisi lawan politiknya. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin, mantan letnan kolonel KGB dan mantan kepala FSB, diduga membunuh para kritikus dan orang yang menghalangi untuk terus berkuasa.

Berikut daftar 12 orang yang mengkritik Putin dan diduga mereka dibunuh atas perintah Putin.

1. Pavel Antov

Pada Desember 2022, taipan Rusia dilaporkan jatuh dari jendela hotel di Rayagada, India, pada 25 Desember hari setelah ulang tahunnya yang ke-65.

Politisi dan jutawan itu mengkritik perang Putin dengan Ukraina setelah serangan rudal di Kyiv awal tahun ini di WhatsApp, tetapi dengan cepat menghapus pesan itu dan mengklaim bahwa orang lain yang menulisnya.

"Rekan kami, seorang pengusaha sukses, dermawan Pavel Antov meninggal dunia," kata Wakil Ketua Parlemen Daerah Vyacheslav Kartukhin di saluran Telegramnya, media Rusia TASS melaporkan. "Atas nama deputi faksi Rusia Bersatu, saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada kerabat dan teman."

2. Ravil Maganov

Melansir CNBC, Ketua Lukoil Ravil Maganov secara terbuka mengkritik invasi Rusia ke Ukraina. Tak lama setelah perang dimulai, perusahaan minyak menyerukan "penghentian konflik bersenjata secepatnya."

Maganov, mirip dengan Antov, meninggal secara misterius dengan jatuh dari jendela rumah sakit Moskow pada September 2022, lapor outlet tersebut. Namun, pernyataan Lukoil yang sekarang sudah dihapus mengatakan bahwa pria berusia 67 tahun itu meninggal "setelah sakit parah".

3. Dan Rapoport

Pengusaha Dan Rapoport secara terbuka mengutuk perang Rusia-Ukraina di media sosial beberapa kali dan menekankan dukungannya untuk Ukraina.

Dia ditemukan tewas di depan sebuah gedung apartemen di Washington, D.C, pada Agustus 2022. Polisi mengatakan dia memiliki SIM Florida, topi hitam, lebih dari USD2500, dan sandal jepit oranye ketika dia ditemukan.

4. Michael Lesin

Melansir Insider, Menteri Pers Rusia Mikhail Lesin ditemukan tewas karena "trauma benda tumpul di kepala" di kamar hotel Washington, DC, pada November 2015.

Lesin, yang mendirikan jaringan televisi berbahasa Inggris Russia Today (RT), sedang mempertimbangkan untuk membuat kesepakatan dengan FBI untuk melindungi dirinya dari tuduhan korupsi sebelum kematiannya.

Selama bertahun-tahun, Lesin telah menjadi jantung kehidupan politik di Rusia dan akan tahu banyak tentang cara kerja orang kaya dan berkuasa.

5. Boris Nemtsov

Boris Nemtsov adalah mantan wakil perdana menteri Rusia di bawah Boris Yeltsin yang kemudian menjadi kritikus besar Putin - menuduhnya dibayar oleh oligarki.

Dia ditembak empat kali di belakang hanya beberapa meter dari Kremlin saat berjalan pulang dari sebuah restoran pada tahun 2015.

6. Boris Berezovsky

Melansir Daily Beast, Boris Berezovsky adalah seorang oligarki Rusia yang melarikan diri ke Inggris setelah berselisih dengan Putin. Selama pengasingannya dia mengancam akan menjatuhkan Putin dengan paksa. Dia ditemukan tewas di rumahnya di Berkshire pada Maret 2013 dalam keadaan bunuh diri, meskipun pemeriksaan atas kematiannya mencatat vonis terbuka.

Berezovsky ditemukan tewas di dalam kamar mandi yang terkunci dengan pengikat di lehernya. Koroner tidak bisa menjelaskan bagaimana dia meninggal.

Polisi Inggris, dalam beberapa kesempatan, menyelidiki dugaan upaya pembunuhan terhadapnya.

7. Natalia Estemirova

Natalia Estemirova adalah seorang jurnalis yang terkadang bekerja dengan Politkovskaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)