Putin: NATO Siapkan Ekspansi ke Asia

Rabu, 16 Agustus 2023 - 01:45 WIB
loading...
Putin: NATO Siapkan Ekspansi ke Asia
Presiden Rusia Vladimir Putin mengingatkan NATO akan terus melebarkan pengaruh dan kekuatan ke Asia. Foto/Ria Novosti
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan NATO mungkin akan berintegrasi dengan AUKUS, pakta keamanan antara AS, Inggris, dan Australia. Dia mengungkapkan hal itu seiring upaya Washington untuk membentuk kembali kawasan Asia-Pasifik untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Itu diungkapkan Putin saat Konferensi Keamanan Internasional ke-21 di Moskow pada Selasa (15/8/2023). "Amerika Serikat berupaya, antara lain, untuk memformat ulang sistem interaksi antar negara yang telah berkembang di kawasan Asia-Pasifik," kata Putin dilansir RT.

Putin menambahkan seruan untuk mengembangkan apa yang disebut strategi Indo-Pasifik “pada dasarnya ditujukan untuk menciptakan asosiasi militer-politik yang dikendalikan oleh Washington.”



“Kami tidak mengesampingkan bahwa hal-hal mengarah pada integrasi penuh pasukan NATO dengan struktur yang dibuat oleh blok AUKUS,” ujar Putin. Itu mengacu pada pakta yang disepakati pada akhir 2021 antara Washington, London dan Canberra.

Presiden Putin menyebutkan kemungkinan integrasi ini saat dia memperingatkan tentang “neo-kolonial Barat,” yang dipimpin oleh Washington, yang berusaha menunda pembentukan dunia multipolar dengan mendestabilisasi dan memicu ketegangan di berbagai wilayahnya.

“Sebagian besar negara siap mempertahankan kedaulatan dan kepentingan nasional, tradisi, budaya, dan cara hidup mereka. Pusat-pusat ekonomi dan politik baru sedang diperkuat,” kata Putin. Dia mencatat bahwa tren ini dapat menjadi dasar penting untuk pembangunan global yang stabil dan progresif.

Putin memperingatkan, seiring perkembangan ini, “kantong konflik lama membengkak dan yang baru diprovokasi” di berbagai wilayah di planet ini.



“Tujuan mereka yang melakukan ini sudah jelas: untuk terus mendapatkan keuntungan dari tragedi kemanusiaan, untuk mengadu domba orang satu sama lain, untuk memaksa negara tunduk pada sistem neo-kolonial dan untuk mengeksploitasi sumber daya mereka tanpa ampun,” kata Putin.

Dia menambahkan bahwa negara-negara anggota NATO terus membangun dan memodernisasi kemampuan ofensif mereka dan bahkan berusaha menyebarkan konfrontasi militer ke luar angkasa dan ke domain informasi, menggunakan sarana militer dan non-militer.

Putin menjelaskan bahwa meskipun tantangan keamanan di setiap sarang yang telah membara di seluruh dunia memiliki karakteristik uniknya sendiri, “sebenarnya, semuanya dihasilkan oleh petualangan geopolitik, [oleh] tindakan neo-kolonial yang egois. Barat."

Putin mengatakan Rusia tetap berkomitmen untuk mengurangi konfrontasi di tingkat global dan regional dan terus berjuang untuk pengembangan tatanan dunia multipolar, berdasarkan prioritas norma dan prinsip hukum internasional, serta kerja sama dan kepercayaan yang konstruktif.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)