4 Wilayah Rusia yang Akan Menerapkan Sistem Ekonomi Islam

Selasa, 15 Agustus 2023 - 04:57 WIB
loading...
4 Wilayah Rusia yang Akan Menerapkan Sistem Ekonomi Islam
Rusia akan menerapkan sistem perbankan Islam. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Parlemen Rusia sudah mengadopsi undang-undang untuk melakukan percobaan pengenalan perbankan Islam di empat wilayah Rusia yakni Dagestan, Chechnya, Bashkortostan dan Tatarstan.

Melansir TASS, eksperimen akan berjalan dari 1 September 2023 hingga 1 September 2025. Durasinya dapat diperpanjang. Perbankan Islam mengimplikasikan ketaatan pada prinsip syariah dalam penyediaan jasa keuangan.

Secara khusus, itu melarang mengambil persentase atau biaya tetap untuk pinjaman. Undang-undang yang diadopsi memungkinkan pengumpulan remunerasi variabel, tergantung pada hasil transaksi.

Pengenalan perbankan Islam juga melibatkan pembentukan dewan khusus di Bank Sentral Rusia, sebuah lembaga arbitrase yang akan mengevaluasi apakah keputusan bank tertentu sesuai dengan prinsip Syariah.

Berikut adalah 4 wilayah di Rusia yang akan menerapkan sistem ekonomi Islam.

1. Dagestan

4 Wilayah Rusia yang Akan Menerapkan Sistem Ekonomi Islam

Foto/Reuters

Melansir Reuters, Dagestan berada di wilayah pegunungan di pegunungan Kaukasus. Dagestan adalah wilayah Rusia yang paling beragam secara etnis dan bahasa. Sebuah republik dalam Federasi Rusia, populasi Dagestan adalah 2,5 juta dan merupakan rumah bagi setidaknya 40 etnis yang berbeda.

Mayoritas Dagestan adalah Muslim Sunni.

Ibukotanya, Makhachkala, di pantai Laut Kaspia Rusia, ditaklukkan oleh tentara Kekaisaran Rusia pada abad ke-19 dan berfungsi sebagai pelabuhan perdagangan utama pra-revolusioner. Saat ini, Dagestan adalah saluran penting untuk jaringan pipa minyak dan gas utama, yang mengalir dari Laut Kaspia ke jantung Rusia.

Islam datang ke Rusia saat ini melalui kota kuno Derbent di selatan Dagestan, ketika orang Arab membawa agama ini setidaknya 1.000 tahun yang lalu. Hari ini, Islam di Dagestan berkembang setelah agama dihalangi oleh komunisme. Republik menampung 3.000 masjid, lembaga Islam membengkak dan madrasah didirikan.

2. Chechnya

4 Wilayah Rusia yang Akan Menerapkan Sistem Ekonomi Islam

Foto/Reuters

Melansir caucasuswatch, pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov mengomentari adopsi RUU perbankan Islam di empat wilayah Rusia oleh Duma Negara Rusia. Menurutnya, pengembangan perbankan syariah merupakan permintaan yang dia tujukan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Teman-teman, sebelumnya saya mengirimkan permohonan tertulis kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dengan proposal untuk memperkenalkan langkah-langkah tambahan untuk mendukung usaha kecil dan menengah di negara ini. Inisiatif saya - pengembangan perbankan Islam - didukung oleh kepala negara . Hal ini akan meningkatkan ketersediaan layanan keuangan bagi umat Islam dan pemeluk agama lain," tambah Kadyrov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)