China Diduga Sebar Narasi 'Uighur Bahagia' Lewat Performa Aktris Lokal

Selasa, 15 Agustus 2023 - 11:15 WIB
loading...
A A A
Selama ini, dugaan kekejaman terhadap Uighur di Xinjiang meliputi termasuk penahanan di kamp detensi dan penjara "pendidikan ulang”, penyiksaan, kekerasan seksual serta kerja paksa.

Qibla Ayaz, ketua Dewan Ideologi Islam Pakistan dan pemimpin delegasi yang berkunjung, menegaskan dukungan tak tergoyahkan para peserta untuk China dan menyatakan kekagumannya atas kemajuan pembangunan Xinjiang dan kehidupan damai penduduk Muslimnya.

Para peserta juga menyatakan harapan untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan Xinjiang melalui Koridor Ekonomi Pakistan-China, proyek jaringan infrastruktur China sepanjang 3.000 kilometer di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) untuk mengamankan dan mengurangi waktu perjalanan impor energi China di Timur Tengah.

Kampanye China Tidak Efektif


Beberapa warga Pakistan telah menyatakan keprihatinan yang semakin besar bahwa pemerintah mereka tetap diam tentang pelanggaran di Xinjiang.

Cendekiawan Pakistan Muhammad Usman Asad, yang berbicara atas nama Uighur di Xinjiang, mengatakan bahwa ketika China mengundang ulama Pakistan untuk berkeliling Xinjiang, berita tentang kunjungan mereka selalu muncul di media sosial China, tetapi tidak di media Pakistan.

"Yang disebut cendekiawan agama ini bukanlah jenis cendekiawan yang akan didengar oleh massa Muslim di Pakistan," kata Asad, yang melakukan aksi duduk sendirian di Islamabad pada Juni 2022 untuk memprotes kebijakan represif China terhadap Uighur.

"Mereka hanya organisasi Islam yang pro-pemerintah dan disponsori pemerintah, jadi propaganda palsu mereka tentang China tidak akan banyak berpengaruh," sambungnya.

Meski demikian, China memperluas upayanya untuk membersihkan citranya, kata Asad, menyusul kritik keras dari negara-negara Barat tentang perlakuan brutal pemerintahannya terhadap Uighur dan minoritas Turki lainnya di Xinjiang.

"Sama seperti kampanye China untuk meningkatkan citranya melalui bidang agama yang tidak efektif, kampanyenya di Pakistan melalui bintang internet berbahasa Inggris China atau Pakistan juga tidak efektif," pungkas Asad.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)