10 Penemu yang Tidak Pernah Dapat Uang dari Kreasinya, Termasuk Pencipta Spiderman dan Minuman Bersoda

Selasa, 15 Agustus 2023 - 01:30 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 1827, ahli kimia Inggris John Walker mulai menjual penemuan barunya—strip karton yang dilapisi belerang dan dicelupkan ke dalam ramuan mudah terbakar yang terbuat dari kalium klorat, antimon sulfida, dan gom arab. Dia menyebut ciptaannya "lampu gesekan", dan mereka menjadi sangat populer dengan sangat cepat.

Namun, orang saat ini lebih mengenal mereka sebagai korek api. Ide Walker merevolusi aplikasi dan portabilitas api. Namun, untuk alasan yang masih belum jelas, dia menentang saran tersebut dan memutuskan untuk tidak mematenkan “lampu gesekan” miliknya.

Mengingat popularitas mereka, tidak mengherankan jika orang lain mencoba menirunya. Pada tahun 1829, Samuel Jones dari London mulai menjual produk saingannya sendiri, yang disebutnya "Lucifers". Dan hanya dalam beberapa dekade, perjodohan berubah menjadi industri yang berkembang pesat di seluruh Inggris karena ratusan pabrik dibuka di seluruh negeri untuk memenuhi permintaan penemuan Walker.

7. Walter Hunt

Walter Hunt adalah seorang penemu Amerika abad ke-19 yang produktif yang memegang puluhan paten seumur hidupnya tetapi tidak pernah benar-benar mengumpulkan kekayaan besar dari salah satu dari mereka. Bahkan, dia menjual hak paten untuk ciptaannya yang paling populer untuk melunasi hutang.

Di antara ciptaan Hunt adalah pengasah pisau, kompor pemanas, pegas fleksibel, pulpen, dan mesin pembuat tali. Dia juga dikreditkan dengan mesin jahit pertama yang bisa diterapkan. Tetap saja, dia tidak pernah mematenkannya, sehingga memungkinkan penemu lain bernama Elias Howe untuk menuai keuntungan finansial dari perangkat tersebut.

Tidak diragukan lagi, kesuksesan terbesar Hunt adalah peniti, meskipun dia pasti tidak berpikir demikian. Dia hanya memikirkannya karena dia memiliki hutang $15 untuk dilunasi dan dengan senang hati menjual haknya dengan harga USD400 yang sangat sedikit.

8. Pearle Wait

10 Penemu yang Tidak Pernah Dapat Uang dari Kreasinya, Termasuk Pencipta Spiderman dan Minuman Bersoda

Foto/Wikipedia

Selama seratus tahun, setiap kali seorang ibu perlu menyiapkan suguhan cepat dan sederhana untuk keluarganya, jawabannya sudah jelas—Jell-O. Itu adalah salah satu makanan penutup paling populer di Amerika selama paruh pertama abad ke-20.

Namun, penemunya, Pearle Bixby Wait, tidak pernah benar-benar menikmati ledakan yang diciptakannya. Wait tidak membuat gelatin, tentu saja. Itu adalah Peter Cooper pada tahun 1845, penemu yang juga membangun lokomotif bertenaga uap pertama di Amerika.

Produk serupa lainnya juga ada, tetapi tidak ada yang cukup menarik untuk menjadi makanan pokok Amerika. Kemudian, pada tahun 1897, datanglah seorang tukang kayu dari Leroy, New York, bernama Pearle Wait, yang menyimpulkan bahwa beberapa hal dapat ditambahkan ke gelatin untuk membuatnya lebih menarik dan bahkan mungkin mengubahnya menjadi makanan penutup yang berdiri sendiri, bukan sebagai bahan dalam pembuatannya. makanan lain.

9. Harvey Ball

10 Penemu yang Tidak Pernah Dapat Uang dari Kreasinya, Termasuk Pencipta Spiderman dan Minuman Bersoda

Foto/Wikipedia

Kebanyakan orang akan berpendapat bahwa USD45 untuk sepuluh menit kerja tidak terlalu buruk, terutama sejak tahun 1963. Saat itulah seorang seniman lepas bernama Harvey Ball dipekerjakan oleh State Mutual Life Assurance Company of Worcester, Massachusetts , untuk membuat logo "bahagia" untuk meningkatkan moral karyawan setelah merger.

Dia duduk, mencorat-coret sedikit, dan setelah beberapa menit, muncul dengan salah satu gambar paling ikonik dalam sejarah—wajah tersenyum. Logo itu langsung populer, dan State Mutual membuat ribuan tanda, tombol, dan poster menggunakan dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)