Jerman Segera Kirim Drone Tercanggih ke Ukraina, Punya Daya Jelajah Ratusan Kilometer

Minggu, 13 Agustus 2023 - 19:02 WIB
loading...
Jerman Segera Kirim Drone Tercanggih ke Ukraina, Punya Daya Jelajah Ratusan Kilometer
Jerman akan mengirim drone tercanggihnya ke Ukraina. Foto/RT
A A A
KYIV - Salah satu kontraktor pertahanan terkemuka Jerman, Rheinmetall, akan menyediakan drone pengintai canggih untuk Ukraina dalam beberapa bulan mendatang. Demikian dilaporkan surat kabar ternama di Jerman, Bild.

Drone bernama Luna NG memiliki jangkauan beberapa ratus kilometer, dan diharapkan mampu membawa amunisi.

Bild melaporkan bahwa pengiriman akan dilakukan pada akhir tahun.



Luna NG adalah sistem UAV terbaru Rheinmetall, yang dapat digunakan tidak hanya untuk tujuan pengintaian tetapi juga untuk menyediakan broadband nirkabel 4G dan untuk mendengarkan atau mengganggu komunikasi.

Ketinggian operasi maksimum drone adalah 5 km dan dapat menempuh jarak ratusan kilometer.

Jerman Segera Kirim Drone Tercanggih ke Ukraina, Punya Daya Jelajah Ratusan Kilometer

Foto/Reuters

Drone semacam itu juga akan ditugaskan oleh militer Jerman sendiri setelah pejabat menetapkan aturan keterlibatan untuk jenis persenjataan ini, tambah artikel itu.

Berbicara kepada majalah Der Spiegel bulan lalu, CEO Rheinmetall Armin Papperger mengumumkan bahwa fasilitas perbaikan tank Leopard 2 dan perangkat keras militer buatan Jerman lainnya yang dipasok ke Kiev akan mulai beroperasi setelah musim panas ini.

Produsen senjata Jerman pertama kali mengungkapkan rencana ini pada bulan Maret, mengatakan siap untuk menginvestasikan USD200 juta dalam fasilitas produksi dan perbaikan di tanah Ukraina.

Sejak itu, beberapa pejabat Rusia, termasuk Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev dan juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova, telah memperingatkan bahwa fasilitas semacam itu akan menjadi target utama Moskow jika Berlin melanjutkan rencananya.

Jerman Segera Kirim Drone Tercanggih ke Ukraina, Punya Daya Jelajah Ratusan Kilometer

Foto/Reuters

Namun, Papperger bersikeras bahwa perusahaannya "tidak akan dibujuk untuk membantu [Ukraina]". Dia menyatakan keyakinannya bahwa militer Kiev memiliki “kemampuan yang efektif untuk mempertahankan [diri mereka sendiri] dari serangan terhadap target yang sensitif.”



Bild mengklaim sebelumnya bahwa pabrik pembuatan tank Rheinmetall di Ukraina akan mampu memproduksi sebanyak 400 unit perangkat keras setiap tahunnya.

Sementara itu, Die Welt melaporkan pada bulan Juni bahwa kontraktor pertahanan yang berbasis di Dusseldorf telah menerima pesanan 18% lebih banyak pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Perusahaan berencana untuk meningkatkan produksi secara signifikan, mengharapkan pertumbuhan penjualan dua digit di tahun-tahun mendatang.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)