5 Tantangan Pemilu Parlemen di Pakistan, Salah Satunya Militer Tetap Berkuasa di Belakang Layar

Minggu, 13 Agustus 2023 - 17:28 WIB
loading...
A A A
Melansir Reuters, militer masih memiliki peran besar di belakang layar. Ia telah memerintah Pakistan secara langsung selama lebih dari tiga dekade dari 76 tahun keberadaan negara itu, dan memiliki kekuatan politik yang luar biasa.

Partai Kakar, Partai Balochistan Awami, secara luas dianggap dekat dengan militer.

Analis politik khawatir bahwa jika pengaturan sementara melampaui masa jabatan konstitusionalnya, periode yang berkepanjangan tanpa pemerintahan terpilih akan memungkinkan militer untuk mengkonsolidasikan kendali.

4. Imran Khan Tak Ikut Pemilu

5 Tantangan Pemilu Parlemen di Pakistan, Salah Satunya Militer Tetap Berkuasa di Belakang Layar

Foto/Reuters

Mantan perdana menteri Imran Khan, pemimpin oposisi utama, tidak dapat melawan pemilihan ini.

Khan saat ini dipenjara selama tiga tahun setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan korupsi dan dilarang mengikuti pemilu selama lima tahun.

Partainya, Tehreek-e-Insaf Pakistan (PTI), memenangkan pemilihan umum terakhir pada tahun 2018, dan ia menjadi perdana menteri sampai pemecatannya dalam mosi tidak percaya pada tahun 2022.

Ketidakpastian politik adalah faktor setelah pemenjaraan dan pelarangan berpolitik bagi Khan. Tidak ada kekerasan setelah penangkapannya, tidak seperti pada bulan Mei ketika para pendukungnya mengamuk, tetapi penahanannya yang terus berlanjut akan menimbulkan pertanyaan atas kredibilitas pemilu.

5. Pertarungan 3 Partai Politik Makin Intensif

5 Tantangan Pemilu Parlemen di Pakistan, Salah Satunya Militer Tetap Berkuasa di Belakang Layar

Foto/Reuters

Ada tiga pesaing utama untuk memimpin pemerintahan berikutnya: PTI Khan, Liga Muslim Pakistan-Nawaz (PML-N) dari Shehbaz Sharif dan Partai Rakyat Pakistan (PPP).

Dengan Khan di penjara dan dilarang memberikan suara, PTI-nya akan berharap untuk mengeksploitasi simpati dan kemarahan pendukung dan mengulangi kemenangannya di tahun 2018. Namun di tengah kebuntuan yang berlanjut dengan militer, prospek PTI bergantung pada detente dengan para jenderal, yang tampaknya tidak mungkin terjadi.

Nawaz Sharif, perdana menteri tiga kali, saudara dari perdana menteri yang keluar dan PML-N-nya adalah mitra senior dalam pemerintahan koalisi yang keluar, sedang mencari kembali dari pengasingan. Namun dengan vonis korupsi terhadapnya yang masih berlaku, Shehbaz tetap menjadi calon terdepan untuk kembali berkuasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)