Hawaii Hancur Lebur di Amuk Kebakaran Hutan Akibat Senjata Energi Terarah?

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 22:07 WIB
loading...
A A A
Newsweek menghubungi Laboratorium Penelitian Angkatan Udara melalui formulir pertanyaan pers di situs webnya untuk memberikan komentar.



Pejabat negara bagian mengatakan bahwa berbagai bentuk cuaca ekstrem, seperti kondisi kering, kelembapan rendah, dan angin kencang, menyebabkan Hawaii mengalami kebakaran hutan ekstrem, tetapi penyebab pastinya masih harus ditentukan.

"Kami tidak tahu apa yang sebenarnya menyulut api, tapi kami diberitahu sebelumnya oleh Layanan Cuaca Nasional bahwa kami berada dalam situasi bendera merah. Jadi itu adalah kondisi kering untuk waktu yang lama—jadi bahan bakar, pepohonan, dan segalanya kering," kata Mayor Jenderal Kenneth Hara dari Departemen Pertahanan Hawaii.

Kobaran api dimulai sebagai kebakaran semak yang tersebar pada awal minggu ini, tetapi penyebaran cepat yang dipicu oleh kurangnya kelembapan dan angin kencang dari Badai Dora mengubahnya menjadi kebakaran hutan paling mematikan yang terlihat di AS sejak 2018.

Puluhan ribu orang telah dievakuasi, dan jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat karena tim penyelamat melanjutkan upaya pencarian dan pemulihan mereka. Dengan Dora, badai Kategori 4, bergerak lebih jauh dari Hawaii dan 80 persen kebakaran berhasil diatasi, orang-orang diharapkan diizinkan kembali pada akhir pekan.

"Apa yang kami lihat kemungkinan merupakan bencana alam terbesar dalam sejarah negara bagian Hawaii," kata Gubernur Josh Green, Kamis, dalam sebuah unggahan media sosial.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)